Rabu 16 Oct 2024 07:31 WIB

Thomas Tuchel Jadi Pelatih Timnas Inggris, Diumumkan Hari Ini

Thomas Tuchel dilaporkan sudah menandatangani kesepakatan dengan FA.

Thomas Tuchel, calon pelatih timnas Inggris.
Foto: Peter Kneffel/dpa via AP
Thomas Tuchel, calon pelatih timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Thomas Tuchel dilaporkan telah menyepakati kontrak untuk menjadi pelatih baru timnas Inggris. Tuchel menggantikan Gareth Southgate yang mundur pada musim panas lalu, sekaligus menjadi pelatih pertama Inggris yang berasal dari Jerman.

Tuchel, 51 tahun, merupakan mantan pelatih Chelsea dan membawa klub itu menjuarai Liga Champions. Ia menganggur setelah meninggalkan Bayern Munchen pada akhir musim lalu.

Baca Juga

Mengutip laporan SkySports, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dijadwalkan mengadakan konferensi pers pada Rabu pukul 13.30 waktu London atau 19.30 WIB untuk secara resmi mengumumkan Tuchel sebagai pelatih the Three Lions. Pengumuman nanti sekaligus mengakhiri masa jabatan pelatih sementara Lee Carsley yang telah menangani tim selama empat pertandingan terakhir.

Tuchel diharapkan membawa perubahan besar pada timnas Inggris. Meski sempat dipertimbangkan sejumlah nama lain, termasuk Jurgen Klopp dan Graham Potter, FA memilih Tuchel sebagai kandidat utama.

Pakar transfer sepak bola, Fabrizio Romano, juga menyebutkan bahwa Tuchel telah mempertimbangkan untuk menerima pekerjaan sebagai pelatih Inggris sejak Juli lalu.

"Thomas Tuchel telah menyelesaikan kesepakatan untuk menjadi manajer baru Timnas Inggris. Syarat-syarat telah disepakati, dan kontrak siap untuk ditandatangani dengan pernyataan resmi yang diharapkan segera diumumkan," tulis Fabrizio Romano dalam akun X.

Sebelumnya, FA telah menjajaki pembicaraan dengan Tuchel sejak kekalahan Inggris di UEFA Nations League, yang kemudian diperparah oleh ketidakpastian masa depan Lee Carsley.

Kekalahan tersebut membuat FA semakin mempercepat pencarian pelatih tetap. Meskipun awalnya tertarik pada Pep Guardiola, FA tidak melanjutkan negosiasi dengan manajer Manchester City tersebut.

FA, khususnya Direktur Teknik John McDermott, menginginkan pelatih dengan rekam jejak kuat dalam meraih trofi. Tuchel dianggap memenuhi kriteria itu setelah sukses di berbagai klub, termasuk memenangi liga bersama Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen, serta membawa Chelsea juara Liga Champions.

Dengan disepakatinya kontrak ini, Tuchel akan menjadi manajer ketiga non-Inggris yang menangani Inggris dalam sejarah, setelah Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement