Senin 14 Oct 2024 13:17 WIB

Dekan FK Undip Berpraktik Lagi di RS Kariadi, Ini Kesepakatan Soal 'Bullying Dokter'

Aktivitas praktik Yan sempat ditangguhkan imbas kasus kematian Aulia Risma Lestari.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Dekan FK Undip, Yan Wisnu Prajoko sekaligus Dokter Spesialis Bedah dengan Subspesialis Bedah Onkologi serta dosen pendidikan dokter spesialis-subspesialis di Undip, Senin (2/9/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Dekan FK Undip, Yan Wisnu Prajoko sekaligus Dokter Spesialis Bedah dengan Subspesialis Bedah Onkologi serta dosen pendidikan dokter spesialis-subspesialis di Undip, Senin (2/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Yan Wisnu Prajoko telah kembali berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah. Aktivitas praktik Yan di RS tersebut sempat ditangguhkan menyusul penyelidikan kasus kematian Aulia Risma Lestari, mahasiswi PPDS Anestesia Undip yang diduga bunuh diri akibat mengalami bullying atau perundungan dari seniornya.

"Sudah praktik kembali di Rumah Sakit Kariadi," kata staf Humas RSUP Dr Kariadi, Aditya Kandu Warendra, ketika dikonfirmasi tentang apakah Yan sudah kembali berpraktik di RSUP Dr Kariadi, Senin (14/10/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, Aditya belum mengetahui pasti sejak kapan Yan mulai aktif kembali berpraktik di RSUP Dr Kariadi. "Saya belum terinfo per tanggal berapa. Cuma tadi saya cek di jadwal dokternya sudah praktik di onkologi," ucapnya.

Aditya menambahkan, dengan demikian, Yan Wisnu Prajoko sudah menangani pasien kembali. "Jadi sudah aktif normal berpraktik di (Paviliun) Garuda dan Kasuari," ujarnya.

Republika telah menghubungi Yan untuk memperoleh konfirmasi dan penjelasan lebih lanjut. Namun hingga berita ini ditulis, Republika belum memperoleh tanggapan.

Sementara ketika ditanya perihal pengaktifan kembali pelaksanaan PPDS Anestesia Undip, Aditya mengaku belum bisa memberikan informasi terkait hal tersebut. "Kalau soal itu saya juga belum dapat informasinya," ucapnya.

Informasi tentang mulai aktifnya kembali aktivitas praktik Yan Wisnu Prajoko di RSUP Dr Kariadi pertama kali disampaikan Rektor Undip Suharnomo. "Pak Yan sendiri sudah praktik kembali per 1 Oktober," ujar Suharnomo saat ditemui awak media di Auditorium Fisip Undip, Kamis (10/10/2024).

Pada kesempatan itu, Suharnomo pun menyampaikan bahwa penangguhan pelaksanaan PPDS Anestesia Undip di RSUP Dr Kariadi akan segera dicabut. Hal itu karena Undip sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Kemendikbudristek, Kemenkes, dan RSUP Dr Kariadi untuk memperbaiki pelaksanaan PPDS Anestesia Undip.

"Artinya adalah kita sudah ada saling pengertian antara Kariadi dan Undip. Mudah-mudahan dalam waktu yang sangat dekat, mungkin minggu ini, mudah-mudahan bisa dibuka kembali (PPDS Anestesia Undip di RSUP Dr Kariadi)," kata Suharnomo.

Beberapa kesepakatan baru..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement