Senin 14 Oct 2024 07:08 WIB

PBB: Tank-Tank Israel Terobos Pangkalan Pasukan Penjaga Perdamaian

PM Italia mengecam serangan Israel yang “tidak dapat diterima”.

Anggota pasukan penjaga perdamaian PBB (UNIFIL) melihat perbatasan Lebanon-Israel, di atap menara pengawas di kota Marwahin, di Lebanon selatan, 12 Oktober 2023.
Foto:

Guterres memberikan penghormatan kepada pasukan penjaga perdamaian UNIFIL, yang “tetap berada di semua posisi,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Ahad, dan menambahkan bahwa “bendera PBB terus berkibar.”

Sekretaris Jenderal PBB mengulangi peringatan bahwa pasukan penjaga perdamaian tidak boleh menjadi sasaran. “Serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional, termasuk hukum kemanusiaan internasional. Mereka mungkin merupakan kejahatan perang,” kata Dujarric.

UNIFIL mengatakan bahwa serangan Israel sebelumnya terhadap menara pengawas, kamera, peralatan komunikasi, dan penerangan telah membatasi kemampuan pemantauannya. Sumber-sumber PBB mengatakan bahwa mereka khawatir setiap pelanggaran hukum internasional dalam konflik tersebut tidak mungkin dipantau.

PERTIKAIAN BERKOBAR SELAMA SATU TAHUN

Hizbullah membantah tuduhan Israel bahwa mereka menggunakan kedekatan dengan pasukan penjaga perdamaian untuk mendapatkan perlindungan.

Pertikaian antara Israel dan Hizbullah dimulai kembali setahun yang lalu ketika kelompok yang didukung Iran itu mulai menembakkan roket ke Israel untuk mendukung pejuan Palestina di Gaza. Perselisihan ini telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Ahad, Hizbullah mengatakan bahwa mereka menyerang sebuah kamp Brigade Golani milik militer Israel di Binyamina, Israel utara, dengan “segerombolan pesawat tak berawak”. Beberapa pesawat tak berawak, termasuk model drone yang belum pernah digunakan Hizbullah, menembus radar pertahanan udara Israel tanpa terdeteksi, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel mengatakan empat tentaranya tewas dan tujuh lainnya terluka parah dalam insiden tersebut. Insiden tersebut sedang diperiksa, kata militer.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement