Jumat 11 Oct 2024 17:21 WIB

Iron Dome Gagal Cegah Roket Hizbullah, Israel Lakukan Evaluasi Besar-besaran

Iron dome dibangga-banggakan sebagai sistem pertahanan terbaik

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel (Israel).  Iron dome dibangga-banggakan sebagai sistem pertahanan terbaik
Foto: AP Photo/Oded Balilty
Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel (Israel). Iron dome dibangga-banggakan sebagai sistem pertahanan terbaik

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV— Pihak berwenang Israel sedang menyelidiki kegagalan sistem pertahanan Iron Dome. Sistem ini terkenal dalam mencegat roket yang ditembakkan dari Lebanon selatan, menewaskan dua warga Israel pada Rabu (9/10/2024).

Dilansir dari The New Arab, Pencegat Iron Dome telah mencegat ratusan roket yang ditembakkan oleh kelompok militan Syiah Hizbullah Lebanon, yang memulai kampanye bersenjata melawan Israel pada Oktober lalu sebagai tanggapan atas serangan ke Gaza.

Baca Juga

Layanan darurat Israel mengatakan bahwa seorang pria dan seorang wanita berusia 40-an tahun terkena pecahan peluru di kota perbatasan Kiryat Shmona, warga sipil Israel pertama yang terbunuh oleh tembakan roket sejak Israel meningkatkan pengebomannya di Lebanon dua pekan yang lalu.

Serangan ini terjadi setelah serangan yang diduga dilakukan oleh Hizbullah terhadap kota terbesar ketiga di Israel, Haifa, yang menyebabkan lima orang terluka dalam serangan kedua di kota tersebut dalam waktu kurang dari satu pekan.

Tentara Israel mengatakan sekitar 40 roket ditembakkan ke arah Haifa pada Rabu, yang menyebabkan lima orang Israel menderita luka ringan akibat pecahan peluru, dalam kegagalan lain dari Kubah Besi untuk mencegat roket-roket Hizbullah.

Sebuah serangan pada Jumat lalu di kota pelabuhan itu menyebabkan kerusakan pada sebuah jalan dan luka-luka ringan pada warga sipil. Hizbullah sebelumnya mengklaim telah menargetkan sebuah pangkalan militer di utara kota.

Pihak militer mengklaim telah menyerang peluncur yang menembakkan roket-roket tersebut ke Kiryat Shmona pada Rabu.

Media berbahasa Ibrani melaporkan bahwa pihak berwenang Israel sedang menyelidiki mengapa rudal-rudal tersebut tidak dicegat oleh sistem pertahanan rudal.

Insiden ini kemungkinan besar akan membuat para pejabat militer yang membanggakan kemampuannya yang canggih dan mempromosikan Kubah Besi kepada publik sebagai pertahanan udara utama negara tersebut.

Sistem Iron Dome telah menjatuhkan rudal yang ditembakkan oleh Hizbullah di Lebanon, Houthi di Yaman, kelompok-kelompok Perlawanan Islam di Irak, Hamas di Gaza, dan baru-baru ini, Iran.

Sistem pertahanan udara ini memiliki baterai yang terletak di seluruh Israel yang dapat menampung beberapa rudal pencegat dan disebut-sebut sebagai sistem pertahanan udara yang “paling teruji dalam pertempuran” di dunia. Sistem ini sebagian didukung melalui bantuan militer Amerika Serikat kepada Israel.

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Ribuan penduduk di kedua sisi perbatasan telah mengungsi akibat baku tembak lintas batas yang telah berlangsung selama setahun, yang meningkat setelah Israel melancarkan invasi darat ke wilayah perbatasan tenggara dan barat daya pada akhir September lalu.

Pemerintah Israel telah menolak seruan yang dipimpin oleh Amerika Serikat untuk menghentikan sementara pertempuran meskipun jumlah korban tewas di Lebanon meningkat dan pengungsian yang lebih luas.

Hizbullah....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement