Rabu 09 Oct 2024 14:48 WIB

Usai Dihancurkan Jepang 0-5, Bahrain Siap Bangkit Lawan Indonesia

Bahrain menargetkan kemenangan atas Indonesia di kandang sendiri.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Bahrain merayakan gol ke gawang Australia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gold Coast, Australia, Kamis (5/9/2024). Bahrain menang atas Australia dengan skor 1-0.
Foto: EPA-EFE/DAVE HUNT
Pemain Bahrain merayakan gol ke gawang Australia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gold Coast, Australia, Kamis (5/9/2024). Bahrain menang atas Australia dengan skor 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahrain siap bangkit saat menghadapi Indonesia pada matchday ketiga Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan akan dimainkan di Stadion Nasional Bahrain di Riffa, Manama dan dijadwalkan dimulai pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB.

Tuan rumah melanjutkan persiapan mereka tadi malam dengan latihan di lapangan Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) di Riffa, di bawah pengawasan pelatih kepala Dragan Talajic.

Baca Juga

Timnas Bahrain dijadwalkan menggelar sesi latihan terakhir malam ini mulai pukul 19.15 di tempat pertandingan. Talajic akan menggelar konferensi pers prapertandingan pukul 18.45 waktu setempat.

Timnas Indonesia juga akan berlatih di Stadion Nasional malam ini pukul 18.00. Pelatih kepala Shin Tae-yong akan menemui media pukul 17.30. Timnas Indonesia sudah berada di Bahrain selama beberapa hari dan berlatih setiap hari.

Bahrain saat ini berada di posisi ketiga Grup C di bawah pemimpin klasemen Jepang dan Arab Saudi, sementara Indonesia berada di posisi keempat, di atas Australia dan China.

Bahrain sebelumnya mencatatkan kemenangan tandang bersejarah 1-0 atas Australia dan kekalahan kandang 0-5 mengecewakan melawan Jepang pada bulan lalu. Di sisi lain, Indonesia telah menunjukkan menjadi kuda hitam setelah menahan imbang Arab Saudi 1-1 di Jeddah dan 0-0 kontra Australia \di kandang sendiri.

Dalam pertandingan Grup C lainnya, Australia akan menjamu China di Adelaide Oval di Adelaide, Australia Selatan, mulai pukul 16.10 WIB; dan Saudi akan bermain di kandang sendiri melawan Jepang di Stadion King Abdullah Sports City pada Jumat dini hari WIb.

Setelah pertandingan besok, Bahrain harus segera mengalihkan fokus mereka ke pertandingan berikutnya melawan Arab Saudi, yang dijadwalkan pada Selasa (15/10/2024) depan di Stadion King Abdullah Sports City di Jeddah.

Talajic mengatakan bahwa ia telah menyusun rencana mereka untuk pertandingan itu tetapi akan tetap fokus sepenuhnya pada tugas mereka melawan Indonesia untuk saat ini.

"Kami telah mempersiapkan segalanya untuk Arab Saudi tetapi saya ingin mengajari anak-anak saya untuk berpikir selangkah demi selangkah," kata Talajic kepada GDN selama sesi latihan pekan ini.

"Indonesia merupakan pertandingan yang sangat penting bagi kami. Setelah menyelesaikan ini, kami punya waktu – lima hari – untuk memikirkan pertandingan berikutnya, dan mempersiapkan sesuatu untuk itu. Tetapi kami sudah menyiapkan rencana untuk pertandingan melawan Arab Saudi."

Babak kualifikasi Asia ini berlanjut hingga Juni tahun depan. Ada tiga grup secara keseluruhan. Grup A menampilkan Iran, Qatar, Uzbekistan, UEA, Kirgistan, dan Korea Utara; sementara Grup B terdiri dari Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, dan Kuwait.

Dua tim teratas dari setiap grup akan memperebutkan tiket ke Piala Dunia FIFA 2026. Tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan bertanding di babak keempat, di mana mereka akan dibagi ke dalam dua grup lagi. Di sana, pemenang dari masing-masing grup akan lolos ke ajang sepak bola terbesar di dunia. Dua tim yang berada di posisi kedua akan bertanding dalam fase kandang dan tandang, dengan pemenangnya akan maju ke babak play-off antarbenua untuk memperebutkan satu tempat terakhir yang tersedia di Piala Dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement