Rabu 09 Oct 2024 11:10 WIB

Kanita Salsabila Mahasiswa UNM Pilih Prodi Sains Data Karena Mau Punya Gelar Ini

Kanita berhasil meraih beasiswa hebat di Kampus Digital Bisnis UNM.

Kanita Salsabila Dwi Irmanti memiliki impian menjadi lulusan sarjana yang sukses bergelar S.Si.D.
Foto: Dok Republika
Kanita Salsabila Dwi Irmanti memiliki impian menjadi lulusan sarjana yang sukses bergelar S.Si.D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanita Salsabila Dwi Irmanti merupakan anak bungsu dari dua bersaudara, yang lahir di Depok pada 11 Agustus 2003. Sebagai anak terakhir dalam keluarganya, Salsa biasa ia disapa, tumbuh dengan keinginan kuat untuk membanggakan kedua orang tuanya. 

Salah satu impiannya adalah menjadi lulusan sarjana yang sukses bergelar S.Si.D, dan semangat ini diperkuat oleh inspirasi dari lingkungan sekitarnya, terutama saudara-saudaranya yang telah berhasil meraih kesuksesan berkat pendidikan yang tinggi.

Baca Juga

Salsa, merupakan mahasiswa semester tujuh di Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok. Dengan tekad yang kuat untuk mengejar pendidikan tinggi, ia berhasil meraih beasiswa hebat di Kampus Digital Bisnis UNM setelah melalui serangkaian tes seleksi yang ketat. 

“Saya memilih Prodi Sains Data karena bidang ini menawarkan banyak peluang di era digital. Data digunakan dalam hampir setiap aspek kehidupan dan bisnis, sehingga memiliki keahlian dalam mengolah dan menganalisis data menjadi sangat penting. Saya ingin mempersiapkan diri untuk berkontribusi di industri yang terus berkembang dengan pesat,” jelasnya dalam rilis yang diterima, Rabu (9/10/2024).

Ia terus berusaha mengembangkan potensinya, hingga berhasil meraih sejumlah prestasi selama masa kuliahnya seperti Juara III dalam kategori Infographics Competition pada Digital Business Festival 2023 dan Juara III dalam Rintisan Bisnis Digital.  

“Alhamdulillah, prestasi ini menjadi salah satu pencapaian terbesar saya sebagai mahasiswa di UNM,” tuturnya.

Dedikasi Salsa dalam bidang data science terus berkembang. Ia terpilih untuk mengikuti Studi Independen Bersertifikat melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Cycle 5 di Great Edu dengan kompetensi Data Analytics. 

“Saya sangat senang mendapat kesempatan studi independen di Great Edu, di mana saya berhasil menganalisis hubungan variabel produksi padi menggunakan algoritma regresi. Program MSIB ini juga memberi saya peluang meningkatkan keterampilan dan memperoleh sertifikat Associate Data Scientist dari BNSP, yang akan menjadi nilai tambah besar dalam karier saya di masa depan,” terangnya.

Selain itu, Salsa diterima magang di Pusat Riset Sistem Nanoteknologi BRIN sebagai Data Scientist. Ia berkesempatan untuk terlibat dalam proyek besar, yaitu Otomatisasi Sistem Pengelolaan Limbah Radioaktif menggunakan Machine Learning. 

“Ini adalah pengalaman luar biasa bisa terlibat langsung dalam proyek besar dengan bimbingan para pakar di BRIN. Pengalaman ini sangat membantu dalam mengembangkan keterampilan saya,” papar Salsa.

Di Kampus UNM, Salsa memiliki tekad kuat untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang Data Scientist yang handal. Dengan motivasi belajar yang tinggi, ia terus mengembangkan kemampuannya melalui berbagai proyek dan pengalaman akademis, serta berusaha meraih prestasi guna meningkatkan daya saingnya di dunia kerja.

Salsa pun mengajak teman-temannya untuk tidak ragu mengejar mimpi dan cita-cita. “Ayo teman-teman, kejar mimpi dan cita-cita kalian untuk jadi sarjana. Nusa Mandiri tempatnya!,” tutup Salsa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement