Selasa 08 Oct 2024 19:47 WIB

Cedera dan Pensiun Buat Jerman Tampil dengan Wajah Baru Usai Euro 2024

Jerman diperkuat para pemain yang minim pengalaman internasional.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ekspresi pemain Jerman seusai dikalahkan Spanyol pada babak perempat final turnamen sepak bola Euro 2024 di Stuttgart, Jerman, Sabtu (6/7/2024) WIB. Spanyol mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Gol Spanyol dicetak Dani Olmo di menit ke-51 dan Mikel Marino di menit ke-116. Satu gol Jerman dicetak Florian Writz di menit ke-88. Dengan hasil ini Spanyol melaju ke babak semifinal Euro 2024.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Ekspresi pemain Jerman seusai dikalahkan Spanyol pada babak perempat final turnamen sepak bola Euro 2024 di Stuttgart, Jerman, Sabtu (6/7/2024) WIB. Spanyol mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Gol Spanyol dicetak Dani Olmo di menit ke-51 dan Mikel Marino di menit ke-116. Satu gol Jerman dicetak Florian Writz di menit ke-88. Dengan hasil ini Spanyol melaju ke babak semifinal Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Florian Wirtz baru berusia 21 tahun, tapi dia sudah menjadi salah satu pemain paling berpengalaman dalam tim Jerman wajah baru. Saat Jerman menatap Piala Dunia 2026, Die Mannschaft tampil dengan skuad minim pengalaman internasional, tetapi juga tidak terlalu muda.

Wirtz, gelandang serang bintang dari Bayer Leverkusen, adalah pemain termuda kedua dalam skuad tetapi juga pemain paling berpengalaman kelima dengan 25 caps, saat Jerman bersiap untuk melawan Bosnia-Herzegovina pada akhir pekan ini dan Belanda pada awal pekan depan.

Baca Juga

Tiga penjaga gawang dalam skuad saat ini, Oliver Baumann, Alexander Nubel dan Oliver Blaswich, belum pernah bermain untuk Jerman. Cedera lutut Marc-André ter Stegen yang parah membuat salah satu dari mereka harus tampil dalam beberapa bulan ke depan.

Enam pemain pilihan pelatih Julian Nagelsmann tidak tersedia karena cedera hingga Selasa. Bek kiri Leipzig David Raum adalah pemain terakhir yang tidak ikut serta. Pemain baru seperti Jamie Leweling, Jonny Burkardt, dan Tim Kleindienst adalah pemain reguler di Bundesliga, tetapi belum teruji di level internasional.

"Meskipun sangat disayangkan kali ini kami harus tampil tanpa beberapa pemain reguler yang cedera yang berkontribusi pada Piala Eropa di kandang sendiri musim panas lalu. Kami sangat menantikan untuk melihat pemain baru kami di lingkungan tim dan dalam latihan," kata pelatih Julian Nagelsmann pada Senin (7/10/2024) dalam sambutannya yang dilaporkan oleh dpa.

Bahkan sebelum Jamal Musiala dari Bayern Munchen, Kai Havertz dari Arsenal, dan Niclas Fullkrug dari West Ham semuanya cedera, skuad Jerman tampak sudah tidak berdaya setelah serangkaian pensiunnya pemain-pemain papan atas menyusul keberhasilan mereka melaju ke perempat final Euro 2024.

Toni Kroos, Manuel Neuer, Ilkay Gündogan, dan Thomas Muller memutuskan untuk pensiun dari Jerman setelah Euro 2024, dengan membawa serta pengalaman yang telah mereka miliki.

Ada pula dampak yang lebih luas dari tekanan yang dirasakan Jerman untuk meraih kesuksesan saat menjadi tuan rumah Euro 2024.

Pemikiran jangka pendek merupakan kebijakan resmi Jerman saat Nagelsmann ditunjuk tahun lalu dengan kontrak yang hanya berlaku hingga Euro 2024, dan ia berfokus untuk menyatukan kembali sekelompok pemain berpengalaman yang kurang bersinar. Nagelsmann kemudian memperpanjang masa baktinya hingga Piala Dunia 2026.

Jerman biasanya dapat mengandalkan Musiala dan Wirtz, dua talenta muda paling cemerlang di dunia sepak bola, tetapi pemain muda lain yang pernah digembar-gemborkan sebagai masa depan Jerman belum juga menunjukkan penampilan gemilang.

Karim Adeyemi dari Borussia Dortmund kurang konsisten dan mengalami masalah cedera. Striker Youssoufa Moukoko dan bek Armel Bella-Kotchap adalah rekan setim Adeyemi di Piala Dunia 2022 tetapi belum terpilih sejak saat itu. Kemajuan tampaknya terhenti bagi penyerang berusia 21 tahun Maximilian Beier sejak ia bergabung dengan Dortmund musim ini juga.

Satu pemain yang diharapkan tampil melawan Bosnia-Herzegovina dan Belanda adalah penyerang Bayern Serge Gnabry, yang kembali ke tim setelah 11 bulan absen.

Sebagai tanda banyak hal telah berubah, 22 gol internasional Gnabry berarti ia mencetak lebih banyak gol untuk Jerman daripada semua orang dalam skuad saat ini jika digabungkan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement