Selasa 08 Oct 2024 14:43 WIB

Iran Siapkan 10 Skenario Hadapi Serangan Israel

Serangan Iran akan lebih keras dari lontaran rudal sebelumnya.

Pemerintah AS mendesak Israel menahan diri dalam merespons serangan rudal balistik Iran.
Foto:

Menteri perminyakan Iran mendarat di Pulau Kharg, tempat terminal ekspor utama negara itu berada, dan mengadakan pembicaraan dengan seorang komandan angkatan laut pada hari Minggu, situs web berita kementerian perminyakan Shana melaporkan, di tengah kekhawatiran Israel dapat menyerang fasilitas energi.

Tawaran Washington

Pada Ahad, saluran TV Israel Kan11 mengeklaim bahwa Washington telah menawarkan 'paket kompensasi' kepada Yerusalem Barat karena tidak menyerang situs nuklir atau fasilitas minyak Iran.

Namun, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada CNN bahwa semua opsi ada di atas meja.

Hari Senin menandai peringatan serangan 7 Oktober ke Israel selatan oleh Hamas, yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Israel menanggapi dengan menyatakan perang terhadap kelompok Palestina yang bermarkas di Gaza, yang sejak itu mengakibatkan kehancuran yang meluas dan kematian sedikitnya 41.000 orang, menurut otoritas setempat.

Kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh tewas di Teheran pada bulan Agustus. Israel tidak secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Namun mereka mengklaim serangan udara yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut bulan lalu selama operasi melawan milisi Syiah yang bermarkas di Lebanon yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 2.000 orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement