Ahad 29 Sep 2024 22:28 WIB

Bermain Imbang dengan Yaman, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 lolos sebagai juara grup dengan keunggulan selisih gol.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia U-20 Jens Raven merayakan gol ke gawang Yaman U-20 dalam laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Jakarta, Ahad (29/9/2024) malam.
Foto: dok PSSI
Penyerang timnas Indonesia U-20 Jens Raven merayakan gol ke gawang Yaman U-20 dalam laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Jakarta, Ahad (29/9/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 memastikan lolos ke Piala Asia U-20 tahun 2025 di China menyusul hasil imbang melawan Yaman pada laga pamungkas Grup F. Kedua tim mengakhiri laga 1-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Ahad (29/9/2024), disaksikan 7.015 penonton.

Dengan hasil ini, Indonesia keluar sebagai juara Grup F walaupun memiliki nilai sama dengan Yaman yakni tujuh, hasil dari dua kali menang dan sekali imbang. Tim asuhan Indra Sjafri unggul selisih gol 8-2 berbanding 7-2.

Baca Juga

Kedua gol dalam laga ini terjadi pada babak pertama. Indonesia unggul terlebih dahulu melalui Jens Raven yang dibalas oleh Al Khadher.

Yaman langsung tampil menyerang. Bahkan pertandingan baru berjalan dua menit, Yaman sudah mampu melepaskan tembakan ke arah gawang Indonesia. Beruntung, bola masih melambung di atas mistar gawang Indonesia yang dikawal Ikram Al-ghifari.

Sepuluh menit pertandingan berjalan, Indonesia belum mampu melepaskan tendangan ke arah gawang Yaman. Banyak serangan Indonesia mentah di tengah lapangan, umpan Dony Tri Pamungkas ke kotak penalti pada menit kedelapan masih dihalau pemain belakang Yaman.

Menit ke-12 Al Ghifari melakukan penyelamatan gemilang tendangan jarak jauh pemain Yaman. Hanya menghasilkan tendangan penjuru yang kedua bagi Yaman.

Figo Dennis menjadi pemain pertama yang melepaskan tendangan ke arah gawang Yaman pada menit ke-16. Tetapi tendangan dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran. Dua menit berselang tendangan bebas Donny Tri Pamungkas masih dapat ditepis kiper Yaman.

Menit ke-26, Dony Tri melepaskan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Yaman masih dihalau pemain Yaman. Delapan menit berselang, Adel Abbas Qasem pemain paling lincah kembali membahayakan pertahanan Indonesia. Tendangannya masih mampu ditangkap Ikram Algiffari.

Toni Firmansyah kemudian melancarkan serangan cepat dari sisi kiri pertahanan Yaman. Namun umpannya masih dihalau pemain belakang Yaman.

Garuda Nusantara akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-45. Raven mencetak gol setelah memanfaatkan umpan matang dari Ragil dari sisi kiri. Namun satu menut berselang, Yaman menyamakan skor melalui tendangan keras Abdulrahman Alkhadher. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua Yaman sedikit mengendur serangannya. Sedangkan Indonesia yang hanya butuh hasil imbang juga lebih banyak menahan bola selama mungkin dengan memainkan operan pendek.

Menitr ke-49, Qasem menebar ancaman. Setelah menggiring bola melewati pemain Indonesia, ia langsung melepaskan tendangan yang beruntung masih melambung.

Menit ke-69, tendangan bebas Riski Afrisal yang langsung diarahkan ke gawang Yaman masih sedikit melambung. Hingga empat menit tambahan waktu skor tetap imbang 1-1.

Berikut starting XI pemain kedua tim:

Indonesia:

23. Ikram Algiffari (GK)

4. Kadek Arel Priyatna

5. Muhammad Alfahrezzi Buffon

7. Figo Dennis Saputrananto

8. Aditya Warman

9. Jens Ravens

16. Dony Tri Pamungkas (C)

17. Muhammad Mufli Hidayat

18. Tony Firmansyah

19. Muhammad Ragil

21. Muhammad Iqbal Gwijangge

Pelatih: Indra Sjafri

Yaman:

1. Wadhah Anwar Ahmed (GK)

3. Anwar Hussein Al Turaiqi

4. Muhammad Naji Al Qashmi (C)

6. Haithm Faisal Al Salami

9. Abdul Aziz Awadh Masnom

11. Abdulrahman Al Khadher

12. Saeed Abdullah Al Shaban

13. Ahmed Mustafa Al Hajj

16. Muhammad Khaled Moqbel, 18. Adel Abbas Qasem

20. Abdullah Khaled Haidan

Pelatih: Mohammad Hasan Ali Albaadani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement