Sabtu 21 Sep 2024 07:28 WIB

Duet Erick Thohir-STY Bawa Indonesia ke Peringkat 129 FIFA, Tinggalkan Malaysia

Indonesia naik empat peringkat di daftar peringkat yang diumumkan FIFA pekan ini.

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, pada Senin (20/2/2023) untuk membahas persiapan timnas.
Foto:

Erick Thohir menyambut baik kenaikan peringkat ini. Namun dirinya belum puas, karena targetnya adalah membawa Timnas Indonesia tembus 100 dunia. Inilah yang ditargetkan kepada STY saat Erick memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Jika dilihat dari masa jabatan Erick di PSSI yang terpilih di Munas pada bulan Februari 2023. Timnas sudah melonjak 20 peringkat. Pasalnya kala itu peringkat Timnas Indonesia ada di posisi 149 dunia.

Sedangkan bagi STY sejak dipercaya menukangi Timnas Indonesia lonjakannya lebih signifikan. Saat didapuk jadi pelatih kepala Skuad Garuda yakni pada November 2019, peringkat Indonesia kala itu di posisi 173 dunia.

Peluang untuk Timnas Indonesia menuju 100 dunia cukup terbuka di bawah STY yang kontraknya hingga 2027 demikian halnya dengan ketum PSSI Erick Thohir yang masa kepemimpinannya juga di tahun 2027. Duet ini masih terus membentuk format terbaik timnas Indonesia.

Erick Thohir menyatakan naiknya peringkat Indonesia berkat kerja keras PSSI dan Timnas Indonesia yang mampu meraih poin imbang atas Arab Saudi dan Australia pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. "Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi," kata Erick Thohir dalam unggahan di Instagram pada Kamis (19/9/2024).

Kendati demikian, Erick Thohir meminta agar hasil ini tidak membuat Timnas Indonesia berpuas diri, namun terus berusaha untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi yakni posisi 100 besar "Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia," kata Erick.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement