Kamis 19 Sep 2024 06:22 WIB

Gara-Gara Youtuber Speed, Warganet RI dan Malaysia Berdebat Asal Batik

Youtuber iShowSpeed bingung dan mencari tahu asal batik dari Malaysia atau Indonesia.

Youtuber iShowSpeed bingung dengan mencari tahu asal batik apakah dari Malaysia atau Indonesia.
Foto: Republika.co.id
Youtuber iShowSpeed bingung dengan mencari tahu asal batik apakah dari Malaysia atau Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet Indonesia dan Malaysia lagi-lagi terlibat war di lini masa X. Hal itu terkait dengan kedatangan Youtuber iShowSpeed ketika memperoleh hadiah batik.

Youtuber bernama asli Darren Jason Watkins Jr memang sedang melakukan tur Asia Tenggara. Dia menyambangi Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Malaysia, dan kini berada di Indonesia.

Baca Juga

Ketika berada di Kuala Lumpur, Malaysia, youtuber asal Amerika Serikat (AS) tersebut mendadak mendapatkan hadiah dari penggemarnya berupa baju. Ketika sudah naik mobil, Speed baru tahu jika kemeja tersebut bernama batik.

"Aku mau memberikan mu hadiah. Malaysian traditional wear batik, batik, batik, you must wear, you must wear," kata seorang penggemar yang menyerahkan sejumlah baju batik kepada Speed yang berada di mobil dalam live streamingnya dikutip Republika.co.id di Jakarta, Kamis (19/9/2024). Video itu juga ditayangkan Youtube di akun Dapudspy.

Speed lantas memakai batik berwarna biru dan mencari tahu asal-usul batik di Google. "Where is batik from, where is batik from," kata Speed mencari tahu sejarah batik.

Dia sempat kaget ketika mendapati jika batik bukan berasal dari Malaysia, melainkan dari Indonesia. Tidak percaya, Speed bertanya kepada sopir yang mengantarnya.

Sopir tersebut menjelaskan jika batik asal Indonesia berbeda dengan batik motif Malaysia. Dijelaskan jika batik Malaysia memakai motif flora dan batik Indonesia dengan motif fauna.

Hanya saja, Speed sepertinya tidak langsung percaya dengan penjelasan sang sopir. "Jadi batik dari Malaysia?" kata Speed yang terlihat bingung dengan informasi yang diterimanya.

Untuk meyakinkan diri, Speed lagi-lagi browsing di Google dan menemukan fakta bahwa batik merupakan warisan tradisional dari Pulau Jawa, Indonesia. "Mereka punya pendapat yang berbeda," ucap Speed yang merasa tidak tahu siapa yang benar dalam masalah batik.

Sebelumnya, potongan video Speed mencari tahu sejarah batik diunggah oleh akun X @AffanIbnani. Statusnya itu mendadak viral hingga ditanggapi warganet Malaysia. "Speed udah googling "where is batik from", sama tour guidenya masih aja dibilang "batik is originally from Malaysian" L country," kata Affan sembari memasang emoticon jari ke bawah lantaran batik diklaim warga Malaysia. Statusnya itu viral hingga memantik warganet kedua negara untuk saling berdebat satu sama lain.

Salah satu akun X @faarhnaa menjawab jika batik yang dipakai Speed memang berasal dari Malaysia. "Bro i am a batik maker from malaysia andddd speed pakai tu memang batik malaysia! Every country ada batik and corak tersendiri tau, so tk perlu nak claim, as long as corak tu corak batik malaysia so it's malaysian batik," ujarnya.

Akun @yuuzulth juga menjelaskan jika batik yang dipakai Speed memang berasal dari Malaysia. Dia menjelaskan jika batik asal Indonesia dan Malaysia memiliki motif berbeda dengan mengunggah dua foto batik.

"Dah agak, confirm akan lawan pasal batik lagi ⬅️ Indonesia | Malaysia. Tak kesah la siapa mulakan batik ni. yang pasti, speed pakai baju batik Malaysia sebab corak flora," ujarnya.

Tidak cukup, warganet Malaysia @AzizulFarhan2 mengakui, jika batik memang berasal dari Indonesia. Namun, Malaysia juga memiliki motif batik tersendiri yang berbeda dengan Indonesia.

"Asal usul Batik dari Indonesia? Saya tak menolak perkataan Batik tu memang datang dari perkataan Jawa, Ambathik. Seni Batik dah bermula sejak era Mesir Purba hingga ke Tamadun Cina. Tapi tanah Jawa yang mengembangkannya hinggalah tiba ke Tanah Melayu," kaa Aziz yang statusnya juga viral hingga menimbulkan perdebatan lanjutan di lini masa X.

Speed sudah di Indonesia...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement