Sabtu 14 Sep 2024 15:08 WIB

Universitas BSI Jadi Tuan Rumah Koordinasi dan Sosialisasi Pengelolaan Arsip PTS

Kegiatan ini berlangsung di Universitas BSI kampus Kaliabang.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan perannya sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi.
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan perannya sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan perannya sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Kali ini, Universitas BSI menjadi tuan rumah dalam kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang diadakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III.

Kegiatan ini berlangsung di Universitas BSI kampus Kaliabang dan dihadiri oleh perwakilan dari 60 perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah III, pada Senin (26/8/2024) silam.

Baca Juga

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam pengelolaan arsip di perguruan tinggi, yang memiliki peran penting tidak hanya sebagai catatan historis tetapi juga sebagai dasar dalam pengambilan keputusan strategis di masa depan. Arsip yang dikelola dengan baik dapat menjadi landasan yang kokoh dalam memastikan keberlanjutan dan kualitas pendidikan di PTS.

Dalam sambutannya, Noviyanto, selaku Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah III, menekankan pentingnya pengelolaan arsip yang terstruktur dan terencana.

"Arsip yang dikelola dengan baik bukan hanya berfungsi sebagai catatan masa lalu, tetapi juga sebagai pondasi dalam pengambilan keputusan di masa depan," ujarnya.

Noviyanto juga menambahkan bahwa pengelolaan arsip yang baik dapat menjadi memori pelaksanaan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi serta bukti dukung historikal yang sangat bernilai.

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber yang kompeten di bidang pengelolaan arsip, yakni Djuwita Sari selaku Arsiparis Madya dari Kemendikbud, Sularwo selaku Arsiparis Madya dari Kemendikbud, Mayril Mustofa Arsiparis Ahli Pertama dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta dan Verry Riyanto selaku Kepala Biro Teknologi Informasi Universitas BSI.

Para narasumber memberikan wawasan mendalam dan berbagi pengalaman mengenai peran arsip di PTS, identifikasi arsip PTS, serta teknik pengelolaan dan penataan arsip yang efektif.

Diskusi yang berlangsung sangat interaktif, dengan para peserta menunjukkan antusiasme tinggi dalam berbagi pengalaman terkait pengelolaan arsip di institusi mereka masing-masing. Topik pembahasan yang mencakup praktik terbaik pengelolaan arsip di Universitas BSI juga mendapat perhatian khusus, mengingat pentingnya penerapan teknologi informasi dalam mendukung pengelolaan arsip yang modern dan efisien.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III semakin meningkatkan kemampuan dalam mengelola arsip mereka. Arsip yang terkelola dengan baik tidak hanya mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, tetapi juga menjadi fondasi penting dalam mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi untuk masa depan yang lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement