Jumat 13 Sep 2024 17:34 WIB

Inovasi Mahasiswi Universitas BSI Kampus Pontianak Dihibahkan untuk Diskominfo

Chrissandra berhasil mengembangkan sistem yang memiliki tiga tujuan utama.

Berhasil menciptakan inovasi yang kini diimplementasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat, mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil menghibahkan website Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Pegawai.
Foto: Universitas BSI
Berhasil menciptakan inovasi yang kini diimplementasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat, mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil menghibahkan website Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Pegawai.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Berhasil menciptakan inovasi yang kini diimplementasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat, mahasiswi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil menghibahkan website Sistem Informasi Monitoring Kegiatan Pegawai.

Chrissandra Petrisia yang berasal dari Program studi Sistem Informasi, sukses mengembangkan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional di lingkungan Diskominfo. Di bawah naungan dosen pembimbing Ade Hendini dan Nurmalasari, Chrissandra mengatakan sistem informasi ini dikembangkan untuk mempermudah proses monitoring dan pencatatan kegiatan pegawai secara digital.

Baca Juga

"Melalui sistem berbasis website ini, pegawai dan manajemen Diskominfo dapat dengan mudah mengakses dan mencari informasi terkait kegiatan yang telah tercatat, sekaligus mengintegrasikan dokumentasi dan pengelolaan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh pegawai," katanya dalam keterangan rilis, Selasa (3/9/2024).

Ia menambahkan, melalui sistem ini dapat meningkatkan efisiensi kerja dan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan kegiatan pegawai.

"Saya merasa bangga bisa memberikan kontribusi nyata melalui penelitian ini dan berharap sistem ini dapat terus digunakan untuk mendukung kinerja Diskominfo," ungkapnya.

Chrissandra berhasil mengembangkan sistem yang memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk meningkatkan efisiensi dalam pemantauan dan pencatatan kegiatan pegawai di kantor Diskominfo. Kedua, memudahkan akses dan pencarian informasi kegiatan yang telah tercatat. Ketiga, menyediakan platform yang terintegrasi untuk dokumentasi dan pengelolaan berbagai kegiatan pegawai.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kalimantan Barat, Reza Afrizal menyatakan apresiasinya terhadap karya Chrissandra.

"Kami sangat terbantu dengan adanya sistem ini. Ini adalah salah satu contoh nyata bagaimana penelitian mahasiswa dapat memberikan manfaat langsung bagi instansi pemerintah," ujar Reza.

Sebagai dosen pembimbing, Ade Hendini mengaku bangga atas keberhasilan mahasiswanya dalam membuat sistem ini. Sistem informasi ini juga telah diimplementasikan dan digunakan oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat.

"Saya sangat bangga dengan hasil kerja keras Chrissandra. Sistem informasi yang ia kembangkan telah berhasil diimplementasikan dan digunakan oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat, yang menunjukkan bahwa penelitian mahasiswa kami benar-benar dapat memberikan dampak positif dalam dunia kerja," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement