Jumat 13 Sep 2024 02:03 WIB

Ten Hag Tegaskan Masa Transisi di MU Bukan Alasan untuk Gagal Menang

Ten Hag menegaskan paham MU diwajibkan menang dalam kondisi apa pun.

Pelatih Manchester United Erik ten Hag.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pelatih Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) sedang berada dalam masa transisi serta berurusan dengan cedera. Namun hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan buruknya performa, kata pelatih Erik ten Hag pada Kamis (12/9/2024).

Tim asuhan Ten Hag, yang masih tidak diperkuat Rasmus Hojlund dan Luke Shaw yang cedera, telah menelan dua kekalahan dari tiga laga di Liga Primer Inggris. Terakhir, MU dipermalukan Liverpool 0-3 di kandang sendiri Old Trafford.

Baca Juga

Hasil buruk dan kritikan tampaknya tak mempengaruhi Ten Hag. Sebab, ia mengaku paham tentang proses perjalanan timnya, di mana MU beradam, dan yang harus ia kerjakan untuk membawa MU ke tujuan yang sudah ditetapkan.

“Kami masih dalam masa transisi, kami harus mengintegrasikan banyak pemain muda, kami masih berurusan dengan cedera. Sebelum ada yang berpikir tentang alasan, tidak, kami harus memenangkan setiap pertandingan. Saya tahu itu, tim tahu ini dan tidak masalah siapa yang tersedia dan kami akan fokus pada setiap pertandingan dan memiliki di setiap pertandingan, pola pikir kami harus menang,” kata Ten Hag dalam konferensi pers dikutip Reuters.

Terlepas dari hasil yang buruk, sang manajer mengatakan bahwa tim sedang menuju ke arah yang benar. Menurut dia, tidak ada yang senang ketika melihat skor yang didapatkan timnya. Namun para pemainnya punya perasaan yang bagus karena tahu tentang kualitas proses perkembangan mereka.

“Juga, ketika Anda menganalisis pertandingan, semua pertandingan sejauh ini, kami berada di arah yang baik. Ketika Anda berada dalam masa transisi dan harus membangun tim, kami harus berkembang dan melangkah maju. Kita lihat saja di mana posisi kami pada bulan Mei tahun depan, ini masih sangat awal di musim ini," ungkapnya.

Ten Hag ditanyai tentang komentar Cristiano Ronaldo baru-baru ini yang mengkritiknya. Menurut Ronaldo, Ten Hag tidak dapat mengatakan bahwa mereka tidak akan berjuang untuk memenangkan gelar liga atau Liga Champions pada musim ini.

Pelatih asal Belanda ini lebih memilih untuk fokus pada komentar Ronaldo yang lain di mana ia mengatakan bahwa klub membutuhkan waktu untuk membangun kembali.

“Dia mengatakan bahwa Manchester United tidak bisa memenangkan Liga Primer. Dia mengatakan hal tersebut, jika Anda membaca artikelnya dengan baik. Dia jauh di Saudi, jauh dari Manchester. Semua orang bisa memiliki pendapat," kata Ten Hag.

Ten Hag mengungkapkan, Hojlund dan Shaw tidak tersedia untuk perjalanan timnya ke kandang Southampton, Sabtu (14/9/2024) pukul 18.30 WIB. Kedua pemain tersebut belum tampil musim ini karena cedera, tapi mengalami perkembangan yang baik.

Gelandang Manuel Ugarte dapat mencatatkan debutnya setelah didatangkan dari Paris Saint-Germain pada hari tenggat waktu penutupan bursa transfer, meskipun baru kembali dari tugas internasional bersama Uruguay pada Kamis.

MU berada di urutan ke-14 klasemen dengan tiga poin sementara Southampton berada di urutan kedua dari bawah dan belum meraih satu poin pun musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement