Kamis 05 Sep 2024 22:16 WIB

Dikalahkan Bahrain 1-0, Pelatih Australia: Pembelajaran Bagi Pemain, Ini Bukan Malam Kami

Bahrain mengalahkan Australia 1-0 berkat gol bunuh diri bek Harry Souttar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Bahrain merayakan gol ke gawang Australia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gold Coast, Australia, Kamis (5/9/2024). Bahrain menang atas Australia dengan skor 1-0.
Foto: EPA-EFE/DAVE HUNT
Pemain Bahrain merayakan gol ke gawang Australia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gold Coast, Australia, Kamis (5/9/2024). Bahrain menang atas Australia dengan skor 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahrain mengejutkan Australia dengan kemenangan 1-0 berkat gol bunuh diri bek Harry Souttar di akhir pertandingan pembukaan putaran ketiga kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 2026.

Warga Bahrain merayakan kemenangan dengan meriah setelah peluit akhir dibunyikan di Stadion Robina di Gold Coast pada Kamis (5/9/2024). Dilmun's Warriors mencatat kemenangan pertama mereka atas Australia dalam tujuh kali percobaan dan mengawali dengan sempurna upaya mereka untuk lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Baca Juga

Socceroos sudah bermain dengan 10 orang setelah Kusini Yengi dikeluarkan. Namun pertandingan awal Grup C ini tampaknya akan berakhir tanpa gol, sampai Abdullah Al Khalasi terlepas di sayap kiri dan berusaha memasukkan bola ke kotak penalti pada menit ke-89.

Bek Al Khalasi melepaskan umpan silangnya dari tepi area, dan bola membentur bek tengah tuan rumah Souttar. Bola berbelok arah mengecoh kiper Australia Mat Ryan, yang hanya bisa menyaksikan dengan pasrah saat bola melewatinya dan masuk ke gawang.

Kerumunan 24.644 orang yang datang mengharapkan kemenangan kelima berturut-turut Australia terdiam, dan upaya Socceroos untuk menyamakan kedudukan dalam enam menit waktu tambahan terbukti sia-sia.

Pemain pengganti Mitch Duke memiliki peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan dari tendangan bebas Awer Mabil dua menit menjelang peluit akhir. Namun sang penyerang tidak mampu menyundul bola tepat sasaran dari tengah kotak penalti.

"Ini adalah kurva pembelajaran bagi para pemain," kata pelatih Australia Graham Arnold setelah pertandingan dikutip dari Aljazeera. "Tetapi lihat, pada akhirnya, itu bukanlah malam kami.

"Jika Anda memasukkan satu gol ke gawang negara-negara ini, mereka cenderung lebih hancur. Namun, kami tidak melakukan itu dan membuat mereka tetap bermain.

"Jelas sangat sulit, tetapi Anda harus memberikan pujian penuh kepada Bahrain."

Australia, yang mengincar penampilan keenam berturut-turut di putaran final Piala Dunia, mendominasi penguasaan bola tetapi hanya memiliki sedikit peluang bersih dan dibuat frustrasi sepanjang pertandingan oleh tim Bahrain yang terorganisasi dengan baik dan ahli secara teknis.

Perjuangan Australia tidak terbantu oleh kartu merah yang diberikan kepada striker Yengi, yang membuat tim tuan rumah bermain dengan 10 orang selama 14 menit terakhir.

Yengi mengangkat kakinya terlalu tinggi saat menantang Ali Haram untuk merebut bola dan sepatunya menggesek leher gelandang Bahrain tersebut. VAR mengonfirmasi pengusiran tersebut.

Australia akan bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Indonesia dalam pertandingan grup kedua mereka pada Selasa (10/9/2024) sementara Bahrain akan menjamu Jepang di Riffa pada hari yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement