Selasa 03 Sep 2024 22:06 WIB

Gara-Gara Gabung Al Ittihad, Nama Steven Bergwijn Dicoret dari Timnas Belanda

Koeman menilai Bergwijn tak punya ambisi olahraga dengan hijrah ke Arab Saudi.

Steven Bergwijn saat membela timnas Belanda.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Steven Bergwijn saat membela timnas Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mencoret Steven Bergwijn dari skuadnya. Penyebabnya, penyerang sayap itu bergabung dengan klub Arab Saudi dalam usia relatif muda.

Bergwijn pindah ke Al-Ittihad pada bursa musim panas 2024 dari Ajax Amsterdam seharga 21 juta euro (Rp360 miliar). Ia diikat kontrak selama tiga tahun.

Baca Juga

Keputusan Bergwijn bergabung dengan Al Ittihad disesalkan oleh Koeman yang menganggap kepindahan jebolan akademi PSV Eindhoven itu karena tergiur uang.

Koeman pun tegas mencoret nama Bergwijn dari timnas Belanda, padahal sudah 38 kali bermain dan mencetak delapan gol untuk De Oranje sejak 2018.

"Steven Bergwijn pergi ke Arab Saudi dalam usia 26 tahun. Jelas tak ada hubungannya dengan ambisi olahraga. Catatan kariernya bersama tim nasional Belanda sudah ditutup," kata Koeman seperti dilaporkan Daily Mail pada Selasa (3/9/2024).

"Jika Anda berusia 26 tahun, ambisi yang paling penting haruslah ambisi olahraga, bukan ambisi finansial. Dia bisa saja bertahan di Ajax, bukan?"

"Saya cukup yakin Ajax juga membayar mahal. Pada usianya, saya tidak akan membuat keputusan itu," kata Koeman.

Belanda menghadapi Bosnia dan Herzegovina dalam laga pembuka Liga A Grup 3 UEFA Nations League pada Ahad (8/9/2024). Belanda tergabung Grup 3 bersama Bosnia dan Herzegovina, Jerman, dan Hungaria.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement