Jumat 30 Aug 2024 16:11 WIB

Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Thailand U-20 di Seoul Earth on Us Cup 2024

Gol kedua Thailand berawal dari serobotan bola karena wasit menghalangi pemain kita.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-20
Foto: dok PSSI
Timnas Indonesia U-20

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Thailand U-20 pada laga kedua turnamen sepak bola internasional Seoul Earth on Us Cup 2024 yang berlangsung Jumat (30/8/2024). Tim asuhan Indra Sjafri kalah 0-2 di Mokdong Stadium, Seoul, Korea Selatan.

Dengan hasil ini, tim asuhan Indra Sjafri mengoleksi nilai tiga setelah pada laga pertama dua hari lalu menang 2-1 atas Argentina. Sedangkan Thailand juga mengoleksi nilai tiga, setelah pada laga pertama kalah 1-3 dari tuan rumah Korea Selatan.

Baca Juga

Thailand langsung menekan sejak awal laga. Dua menit pertandingan berjalan, Thailand sudah melepaskan dua kali umpan ke jantung pertahanan Indonesia, walaupun keduanya mampu dipatahkan kiper Indonesia I Wayan Artha Wiguna.

Serangan Thailand yang bergelombang membuat pemain Indonesia melakukan kesalahan di daerah pertahanan. Pada menit kesepuluh, bek yang baru dimainkan Rahmat Syawal salah memberi umpan kepada Dony Tri Pamungkas. Bola kemudian dikuasai oleh pemain Thailand Caelan yang dengan mudah menjebol gawang Indonesia untuk membuat Thailand unggul 1-0.

Setelah tertinggal satu gol di babak pertama, Indra Sjafri melakukan empat pergantian pemain pada awal babak kedua. Termasuk memainkan kiper ketiga Rifky Tofani dan mengganti Rahmat Syawal yang membuat kesalahan pada babak pertama.

Sejak kick-off babak kedua, Indonesia mengontrol permainan. Meskipun Thailand tetap berusaha menekan tinggi, para pemain Indonesia bisa keluar untuk melancarkan serangan.

Kadek Arel melakukan pelanggaran pada menit ke-48 terhadap Thanakrit di luar kotak penalti yang berbuah tendangan bebas. Bola tendangan Thanakrit keras dan akurat, tapi masih bisa dihalau kiper Rifky Tofani.

Iqbal Gwijangge mengancam pada menit ke-51. Menerima bola dari tendangan penjuru, ia menyambut dengan sepakan voli. Sayang, bolanya masih melebar di samping gawang Thailand.

Menit ke-59 Camara Ousmane Maiket memiliki peluang, setelah menggiring bola dan mendapatkan pengawalan ketat, Camara melepaskan tendangan, tetapi masih jauh dari sasaran. Ia sebenarnya punya opsi lebih baik dengan mengoper rekannya yang berdiri lebih bebas di depan gawang Thailand.

Menit ke-76 pemain pengganti Indonesia Ji Da Bin melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, tapi tendangannya masih melambung di atas gawang Thailand. Sepuluh menit berselang Ji Da Bin harus ditandu ke luar lapangan karena cedera lutut setelah dilanggar pemain Thailand.

Setelah terus menyerang, Indonesia harus kebobolan dan tertinggal 0-2 pada menit ke-90. Melalui sebuah serangan balik yang cepat pemain Thailand Ratthaphum yang sempat terjatuh dan kehilangan bola di kotak penalti mampu menguasai bola kembali dan melepaskan tendangan ke arah gawang yang kosong.

Pemain Indonesia sempat melakukan protes terhadap wasit. Sebab Thailand mengawali serangan dari situasi pemain Indonesia kehilangan bola akibat terhalang posisi wasit. Namun wasit yang memimpin laga tidak menghentikan pertandingan. Ini dimanfaatkan Thailand melakukan serangan cepat yang berbuah gol kedua. Hingga injury time enam menit berakhir, skor tak berubah untuk keunggulan Thailand 2-0.

Setelah melawan Thailand, Indonesia lanjut bertemu tuan rumah Korea Selatan pada Ahad 1 September 2024 petang tepatnya pukul 17.30 WIB.

Selanjutnya skuad Garuda Muda akan kembali ke Jakarta untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun 2025 yang akan berlangsung pada 25 hingga 29 September 2024 di Jakarta.

Di kualifikasi tersebut Indonesia tergabung di Grup F bersama dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement