Kamis 29 Aug 2024 15:50 WIB

Syaikhu-Ilham Beberkan Strategi Khusus Lawan Koalisi Gemuk Dedi Mulyadi, Begini Katanya

Koalisi gemuk mengusung pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar.

Pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie (ASIH) berfoto bersama saat mendaftar pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jabar, Kamis (29/8/2024).
Foto: Edi Yusuf
Pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie (ASIH) berfoto bersama saat mendaftar pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jabar, Kamis (29/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie mengaku akan menjalankan strategi sinergis antarpartai koalisi dalam menghadapi koalisi gemuk di Pilgub Jabar 2024. Koalisi gemuk yang dimaksud yakni gabungan partai yang mengusung Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Pasalnya, Syaikhu-Ilham yang didukung oleh tiga partai, yakni PKS, Nasdem, dan PPP, akan menghadapi koalisi gemuk Dedi-Erwan yang diusung Golkar, Demokrat, Gerindra, PSI, PAN, serta hampir semua partai nonparlemen seperti Partai Buruh, PBB, Gelora, Perindo.

Baca Juga

"Oleh karena itu nanti akan dibangun antara partai politiknya akan merumuskan secara mendalam. Sehingga insya Allah strategi ini akan bisa, dari tiga partai pengusung ini akan betul-betul bisa sinergi satu sama lain," ujar Syaikhu di Gedung KPU Jabar, Kamis (29/8/2024).

Selain itu, Syaikhu menyebut sinergi juga diharapkan terjalin antara dirinya dan Ilham Habibie yang mengisi peran masing-masing satu sama lain. Caranya dengan memadukan antara iman dan takwa (imtak) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk mewujudkan cita-cita meneruskan kesuksesan gubernur Jabar terdahulu.

"Kita juga insya Allah akan memberikan peran wakil yang secara signifikan, bukan hanya sekadar jadi ban serep gitu, kayak diam saja. Pak Ilham punya kemampuan dan layak untuk bisa mengoptimalkan Jawa Barat. Ke depan yang lebih baik tentu kuncinya, tadi sinergis dan kemudian dalam visi misi kami ingin mengungkap pepatah Jawa Barat silih asah silih asuh," tuturnya.

Diketahui, calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan Ilham Akbar Habibie resmi mendaftarkan diri untuk berlaga dalam Pilgub Jabar 2024 ke kantor KPU Jawa Barat, Kamis, dengan menggunakan kendaraan klasik.

Pasangan ini datang ke KPU Jabar sekitar pukul 10.45 mengendarai mobil VW Kodok berwarna biru navy, didampingi tokoh partai politik pengusung, PKS, PPP, NasDem, serta simpatisan. Mereka datang kemudian mengisi daftar hadir yang selanjutnya masuk aula untuk menyerahkan berkas pendaftaran dengan disaksikan seluruh komisioner KPU dan Bawaslu Jawa Barat.

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, menyambut kedatangan pasangan ini dan mengajak untuk memberikan rasa gembira kepada masyarakat di momen Pilkada Jabar tersebut. "Selamat datang, kami berharap pasangan bakal calon bisa turut membawa Pilkada di Jabar dengan gemilang," ucap Ummi.

Berkas pendaftataran Syaikhu-Ilham ini diterima KPU dengan lengkap dan kemudian, KPU Jabar akan melakukan pengecekan administrasi untuk kemudian nantinya mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. "Nanti kita cek secara administratif, selanjutnya besok pukul 07.00 WIB akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung," tutur Ummi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement