Sabtu 24 Aug 2024 06:44 WIB

Kongres III Partai NasDem Undang Jokowi, Prabowo Hingga Anies

Kongres Nasdem dinilai sebagai momentum rekonsiliasi partai.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menanggapi perkembangan isu politik terkini, di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2024).
Foto: Republika/Eva Rianti
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menanggapi perkembangan isu politik terkini, di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Partai NasDem akan menggelar Kongres III pada 25-27 Agustus 2024. Presiden RI Joko Widodo hingga Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri kegiatan tersebut. 

"Kongres ini menjadi common ground-nya, jadi kemungkinan Pak Prabowo juga datang pembukaan dan penutupan tapi secara formal pembukaan oleh Presiden Jokowi penutupan oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih," ujar Ketua SC Kongres III NasDem Willy Aditya dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jumat (23/8/24)

 

Willy menjelaskan seluruh partai politik juga diundang dalam kongres ketiga Partai NasDem ini. Sebab, kongres NasDem ini menjadi momentum rekonsiliasi Partai NasDem. 

 

"Tidak ada yang tidak kita undang, jadi semua partai politik kita undang, karena inilah momentumnya untuk rekonsiliasi. Tidak hanya manis di bibir tapi pahit di kenyataan, tidak. Tetapi, kebersamaan itu kita bangun dari ruang ada common ground-nya," tutur Willy. 

 

Willy menambahkan nantinya akan ada tiga komisi dalam pelaksanaan Kongres ke III NasDem antara lain Komisi AD/ART, Komisi Rekomendasi dan Komisi Program Aksi.

 

Nantinya kata Willy juga akan ada lima isu besar yang akan dibahas mendalam antara lain isu negara hukum, green economy, politik, isu internasional, dan krisis lingkungan.

 

NasDem menilai ada banyak hal yang perlu diluruskan dalam penegakan hukum di Indonesia.  “Jadi bagaimana aparat penegak hukum, KPK, polisi, jaksa, kita tetap memiliki komitmen. Bagaimana kita yang banyak dibahas di SC tentang nanti dimatangkan di kongres, ada kasus 15 tahun lalu, tahu-tahu baru hari ini diambil. Ini kadaluarsanya bagaimana?” kata Willy.

 

Ketua Organizing Comite (OC) Kongres NasDem, Ali Mazi mengatakan bahwa turut menghadirkan pameran UMKM dalam kongres tersebut. Pameran UMKM itu terdiri dari produk baju hingga makanan khas Indonesia.

 

Kongres III Partai NasDem ini bakal dihadiri puluhan ribu kader NasDem. Mereka semua nantinya, akan diminta untuk menggodok sejumlah tujuan untuk melakukan pemilihan ketua umum Partai NasDem.

 

Sementara itu, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan bahwa Anies Baswedan juga turut diundang untuk menghadiri kongres tersebut. "Pak Anies diundang," ujar Hermawi.

 

Diketahui, Kongres Partai NasDem yang ketiga ini rencananya akan digelar di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement