Selasa 20 Aug 2024 05:05 WIB

KIM Ingin Prabowo Dua Periode, Fahri Hamzah Ingatkan Ridwan Kamil Begini Soal Pilpres 2029

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono resmi dideklarasikan sebagai cagub-cawagub Jakarta.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Ridwan Kamil dan Suswono berfoto usai deklarasi bakal cagub-cawagub Jakarta, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024).
Foto:

Prabowo akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga bekas rival keras Gerindra pada saat Pilpres 2014 dan 2019. Ragam peristiwa politik keras dalam tiga kali pilpres tersebut, kata Fahri, sudah terobati melalui usaha-usaha rekonsiliasi menyatukan semua kepentingan partai-partai politik.

Dan rekonsiliasi tersebut, kata Fahri, terealisasi dalam Pilkada Jakarta dengan menduetkan Emil dan Suswono. Sebab itu, kata Fahri, agar rekonsiliasi politik yang selama ini dibentuk, tak lagi ternoda dengan agenda-agenda pribadi. “Jadi jangan tergoda,” begitu kata Fahri.

Kata dia, agar Emil tak seperti gubernur-gubernur Jakarta selama ini, yang menjadikan jabatan, serta popularitasnya untuk malah bersaing dengan presiden. “Gubernur menurut sistem pemerintahan adalah perpanjangan tangan dari presiden, dari pemerintah pusat. Tugasnya adalah menjadi pelaksana program-program pusat. Kalau gubernurnya seperti di masa lalu, punya agenda sendiri, hak-hak warga Jakarta yang akan teraibakan. Jadi tolong ini dicamkan. Niat kita supaya rekonsiliasi kita terus berlanjut,” begitu ujar Fahri.

Pasangan Emil dan Suswono resmi diusung oleh 12 partai yang tergabung dalam koalisi KIM Plus. Selain Gerindra, Golkar, dan PKS, partai-partai pendukung lainnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, Partai Gelora, dan Partai Garuda. Koalisi 12 partai pendukung Emil-Suswono tersebut menguasai 91 dari 106 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta hasil Pemilu 2024 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement