Jumat 16 Aug 2024 13:02 WIB

Megawati Mendadak Batal Hadiri Sidang Tahunan MPR, Puan Jelaskan Alasannya

Jika tahun sebelumnya selalu hadir, Megawati kali ini absen di Sidang Tahunan MPR.

Rep: Antara/Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dalam pidato sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jumat (16/8/2024).
Foto:

Puan Maharani sempat menyinggung soal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam pidatonya saat Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung MPR/DPR, Jumat (16/8/2024). Menurut dia, hasil Pemilu 2024 harus menjadi otokritik bagi semua pihak.

Dia mengatakan, Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta memilih anggota legislatif DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, serta pemilihan anggota DPD. Puan pun mengucapkan selamat kepada para calon yang terpilih pada Pemilu 2024.

"Kita ucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Kita juga ucapkan selamat kepada bapak/ibu yang terpilih menjadi anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD periode mendatang," kata Puan dalam pidatonya.

Menurut dia, ada berbagai upaya yang dilakukan oleh para calon untuk meraih kemenangan dalam Pemilu 2024. Ada yang menyediakan hiburan, menyediakan konsumsi, hingga menyediakan oleh-oleh.

Puan menyebutkan, para calon pun berupaya menyenangkan pemilih dengan berusaha tampil simpatik dan memajang foto diri terbaik sampai ke pelosok-pelosok. Hasilnya, banyak pohon jadi korban dan tiang listrik penuh tempelan. Itu semua dilakukan untuk mendapatkan suara rakyat.

"Itulah potret Pemilu 2024. Haruslah menjadi kritik dan otokritik bagi kita semua," kata Puan.

Dia menjelaskan, rakyat tidak dapat disalahkan atas pilihannya. Pasalnya, rakyat memilih atas dasar apa yang diketahui dan dipahaminya, terlepas dari kualitas atas apa yang diketahui dan dipahaminya.

"Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga dan menciptakan demokrasi yang berkualitas, semakin maju, beradab dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Puan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement