Senin 12 Aug 2024 16:10 WIB

Pangdam Jaya Panen Raya Bawang Merah di Kota Depok

Urban farming adalah program ketahanan pangan yang dicanangkan Panglima TNI dan KSAD.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pangdam Jaya Mayjen Mohammad Hasan dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (kanan) ketika melakukan panen raya bawang merah.
Foto: Antara/Feru Lantara
Pangdam Jaya Mayjen Mohammad Hasan dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (kanan) ketika melakukan panen raya bawang merah.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan bersama para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok melakukan panen raya bawang merah di lahan urban farming, Jalan Juanda, Kota Depok, Senin (12/8/2024). Program itu bisa memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat

Selain panen bawang merah, Hasan bersama Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Depok, Silvia Desty Rosalina, Dandim Kota Depok, Letkol Iman Widhiarto melakukan penanaman bibit cabai. Langkah itu juga penting untuk mengurangi penyakit masyarakat.

Baca: Peringatan HUT PPAD, Diwarnai Tangis Harus Mengenang Doni Monardo

Hasan mengatakan, urban farming adalah merupakan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI dan KSAD dengan maksud untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu, terpenting dalam pelaksanaannya ada keterlibatan masyaraka.

Pun dampak yang diberikan kepada masyarakat berapa pun nilainya. "Kami apresiasi warga sekitar dan juga kelompok tani yang telah membantu panen bawang merah tersebut. Tadinya lahan ini masuk red zone sekarang sudah menjadi green zone," jelas Hasan di Kota Depok, Jawa Barat.

Baca: TNI AL Tangkap Tiga Terduga Perompak di Selat Malaka

Dia menjelaskan, urban farming juga dilakukan oleh seluruh dandim jajaran Kodam Jaya untuk mencari lahan kosong. Dandim wajib mencari lahan nonproduktif yang bisa dimanfaatkan dengan komoditas yang singkat, yakni tanaman cabe, bawang merah dan sayuran serta yang lainnya.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, pihaknya mendukung pemanfaatan lahan tidur dengan menanam bawang dan juga cabai untuk membantu ketahanan pangan. "Penyuluh-penyuluh pertanian dari Pemkot Depok juga turut andil dalam memberi penyuluhan lahan urban farming ini," kata Imam.

Baca: Panglima TNI Gelar Baksos di Sarang Petarung Marinir Cilandak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement