Senin 12 Aug 2024 09:29 WIB

Usai Nyinyirin Perolehan Medali Indonesia, Netizen Malaysia Hujat Pebalap Jepang

Pebalap Shinji Nakano dihujat akun-akun asal Malaysia.

Pebalap Malaysia Mohd Shah Firdaus
Foto: Tangkapan Layar Instagram
Pebalap Malaysia Mohd Shah Firdaus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Usai membuat heboh karena nyinyir terhadap perolehan dua medali emas kontingen olimpiade Indonesia, netizen Malaysia kembali membuat ulah. Kali ini, pebalap sepeda Jepang, Shinji Nakano, dihujat akun-akun asal Malaysia karena bertabrakan dengan atlet Malaysia, Mohd Shah Firdaus Sahrom pada final Keirin putra di Olimpiade Paris yang berlangsung Ahad (11/8/2024).

Mohd Shah Firdaus Sahrom hampir saja finis pada posisi ketiga saat berlaga  di Velodrom Saint-Quentinen-Yvelines, Ahad. Pengendara sepeda kelahiran Johor ini terlihat akan naik podium menjelang tikungan terakhir. Sayangnya, upaya Firdaus harus gagal karena ditabrak  Shinji Nakano.

Baca Juga

Shah Firdaus merupakan pebalap sepeda Malaysia ketiga yang berkompetisi di final Olimpiade. Sebelumnya, Josiah Ng menjadi atlet pertama yang mencapai prestasi tersebut di Athena pada 2004. Azizul Awang kemudian menjadi atlet Malaysia berikutnya di Olimpiade London 2012 hingga Tokyo 2021. Azizul meraih perak di Tokyo dan perunggu di Rio de Janeiro pada 2016.

Shah Firdaus diperkirakan paling tidak akan bersaing memperebutkan podium. Meski demikian, Azizulhusni Awang memang lebih menyita perhatian mengingat prestasinya dalam dua olimpiade sebelumnya juga statusnya sebagai mantan juara dunia keirin. Azizulhasni Awang diprediksi berpeluang untuk memenangkan medali emas pertama bagi negaranya, lapor thestar.

Peruntungan beralih ke Shah Firdaus setelah Azizul didiskualifikasi karena menyalip derny sebelum keluar dari lintasan pada putaran pertama Keirin putra pada Sabtu. Shah Firdaus, bagaimanapun, memberikan harapan bagi Malaysia untuk lolos ke perempat final, semifinal bahkan final.

Pada final balapan di nomor keirin putra, Shah Firdaus  hampir mengalami tabrakan yang melibatkan Shinji Nakano dan Jack Carlin. Pada lap terakhir, Shah Firdaus melakukan pergerakan di luar Nakano, namun kedua pebalap saling bertabrakan dan menimpa Carlin bersama mereka.

Balapan tersebut dimenangkan oleh Harrie Lavreysen dari Belanda yang mencapai mimpinya di Paris dengan  menjadi pemenang tiga kali olimpiade lewat medali emas. Lavreysen mengungguli Matthew Richardson dan Matthew Glaetzer dari Australia yang masing-masing meraih perak dan perunggu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shinji Nakano (@shinji_nakano1999)

Warga Malaysia yang kesal pun mengecam pebalap Jepang Shinji Nakano akibat tabrakan tersebut. Terlebih, Shah Firdaus yang awalnya terlihat finis keempat, harus terdegradasi ke posisi terakhir atau keenam. Sementara itu, Nakano dan Carlin dinyatakan tidak mencapai finis. Wasit menganggap Shah Firdaus bersalah atas tabrakan tersebut karena bergerak ke dalam lintasan ketika lawan sudah ada di sana, lapor NST.

Namun hal itu tidak menghentikan warga Malaysia untuk mengolok-olok akun Instagram Sinji yang merupakan juara Asian Games. Salah satu akun berkomentar: “Mengapa menabrak orang? Atlet tidak profesional!” Yang lain menambahkan: 'Atlet tidak profesional, larang dia melakukan ini'. "Malu...kenapa kamu tabrak Syah Firdaus...tidak ada sportifitas sama sekali...tidak hormat," komentar netizen lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement