Jumat 02 Aug 2024 15:30 WIB

UAS Prodi Perhotelan Universitas BSI Kampus Yogyakarta, Sulap Restoran Jadi Arena Kreatif

Ujian Capstone Project ini bukan hanya sekadar ujian biasa.

Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah sukses menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) dengan metode Capstone Project.
Foto: Universitas BSI
Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah sukses menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) dengan metode Capstone Project.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta telah sukses menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) dengan metode Capstone Project pada Rabu, 10 Juli 2024. Kegiatan ini dilangsungkan di Lab Restoran dan Bar Wisma BSI Yogyakarta, mengintegrasikan tiga mata kuliah praktik utama, yaitu Operasional Tata Boga, Operasional Patisserie, serta Restoran dan Bar.

Ujian Capstone Project ini bukan hanya sekadar ujian biasa, melainkan sebuah simulasi yang mendekati kondisi nyata di industri perhotelan. Para mahasiswa ditantang untuk mengimplementasikan prosedur pelayanan tamu serta menghasilkan produk patisseri, makanan, dan minuman dengan standar tinggi.

Baca Juga

Dalam suasana yang penuh kreativitas, lab restoran Wisma BSI Yogyakarta berubah menjadi arena di mana ide-ide inovatif dan keterampilan praktis mereka diuji secara langsung. Dengan menggunakan semua yang telah dipelajari selama semester, mereka berkolaborasi dalam tim untuk merancang dan menyajikan menu yang menarik serta layanan boga yang profesional.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti ujian, Anisa mengatakan partisipasi dalam ujian capstone ini memberinya pengalaman berharga dalam menangani situasi yang sebenarnya di industri perhotelan.

"Kami tidak hanya belajar tentang teknik-teknik baru, tetapi juga tentang bagaimana mengelola waktu dan berkomunikasi dalam tim," ujar Anisa dalam rilis yang diterima, Jumat (2/8/2024).

Para dosen dari Program Studi Perhotelan turut serta sebagai penilai dalam ujian ini, memberikan umpan balik langsung kepada mahasiswa tentang kualitas karya mereka.

Emmita selaku Kaprodi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta menjelaskan ujian capstone project dirancang untuk memberikan pengalaman yang mendekati realitas industri perhotelan.

"Ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja dengan kesiapan yang sesungguhnya. Pelaksanaan ujian berbasis praktik ini juga bertujuan untuk memperluas pemahaman mahasiswa tentang tantangan dan ekspektasi di lapangan, serta meningkatkan kemampuan adaptasi mereka terhadap berbagai situasi yang mungkin terjadi di dunia kerja," jelas Emmita.

Keberhasilan Ujian Capstone Project ini tidak hanya mencerminkan dedikasi mahasiswa dan dosen Universitas BSI Kampus Yogyakarta dalam pendidikan tinggi, tetapi juga mengukuhkan reputasi program studi perhotelan sebagai salah satu yang terdepan dalam mempersiapkan generasi muda untuk industri perhotelan yang dinamis dan kompetitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement