Jumat 02 Aug 2024 09:43 WIB

Ketika 2.700 Operasi Pembunuhan Oleh Intelijen Israel Gagal Matikan Perlawanan Palestina

Israel melakukan rangkaian operasi pembunuhan sejak 1948

Ismail Haniyeh melambaikan tangan kepada puluhan warga Gaza.
Ismail Haniyeh melambaikan tangan kepada puluhan warga Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sejak berdirinya negara pendudukan Israel pada 1948 hingga 2018, dinas keamanannya telah melakukan lebih dari 2.700 pembunuhan, di mana mereka menggunakan berbagai alat konvensional dan non-konvensional, mulai dari pasta gigi beracun hingga pesawat tak berawak dan bom mobil, menurut pemantauan yang dilakukan oleh jurnalis investigasi Israel, Ronen Bergman, yang diterbitkan dalam bukunya yang terkenal, "Bangkitlah dan Bunuhlah Terlebih Dahulu. Sejarah Rahasia Pembunuhan Bertarget di Israel''.

Tujuan pembunuhan Israel bervariasi antara menargetkan para pemimpin militer untuk mempengaruhi keseimbangan konflik, dan menargetkan para insinyur dan teknisi untuk menggagalkan upaya pengembangan teknis dan militer lawan dan menghilangkan kader mereka, tetapi sebagian besar pembunuhan Israel dirancang untuk mencapai tujuan politik sejak awal, dan pembunuhan Ismail Haniyeh, kepala biro politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), tentu saja termasuk dalam kategori ini.

Baca Juga

Pembunuhan itu terjadi di tengah-tengah situasi strategis yang sangat buruk bagi Israel. Peristiwa 7 Oktober dan akibatnya merupakan peristiwa penting yang mengguncang pilar-pilar negara penjajah itu, merusak reputasi tentaranya, dan memaksakan pergeseran-pergeseran strategis, bukan hanya dalam sifat konflik antara Palestina dan pendudukan Israel, tetapi juga di seluruh lingkungan politik dan keamanan regional.

Secara internal, serangan tersebut mematahkan banyak "tabu" lama Israel, yang paling penting adalah "doktrin pencegahan", yang didasarkan pada gagasan bahwa superioritas militer Israel yang jelas atas lawan-lawannya dan penggunaan kekerasan secara terus-menerus terhadap Palestina akan mencegah segala bentuk perlawanan atau ancaman yang dapat menjadi tantangan eksistensial bagi stabilitas, kelangsungan hidup, dan kesejahteraan negara Ibrani.

Operasi Badai Al-Aqsa, membuyarkan banyak kepercayaan Israel yang mengakar tentang dirinya sendiri, lalu peristiwa demi peristiwa berikutnya dimunculkan untuk Mengokohkan keyakinan itu. Selama hampir 10 bulan perang pemusnahan yang brutal terhadap Jalur Gaza, negara penjajah ini gagal mencapai apapun kecuali membunuh lebih dari 38 ribu warga Palestina, melukai lebih dari 90 ribu orang lainnya, menghancurkan ribuan bangunan, dan membuat seluruh penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal dan kelaparan, sehingga memperlihatkan wajah buruknya kepada dunia dan memobilisasi dukungan dunia untuk perjuangan Palestina.

Pada tingkat strategis, panen Israel adalah sebuah kegagalan di semua tingkatan, bahkan menurut standar yang ditetapkan oleh negara penjajah itu sendiri. Israel tidak berhasil mendapatkan kembali lebih dari 4 tawanan hidup-hidup dalam operasi kompleks yang didukung oleh Amerika Serikat, di mana mereka menewaskan lebih dari 200 syuhada Palestina, sementara sedikitnya 115 tawanan masih berada di tangan para pejuang.

Pemerintah pendudukan dan tentaranya juga gagal mencegah Gaza menjadi ancaman bagi wilayah-wilayah yang diduduki, seperti yang mereka janjikan di awal perang, dan Israel tidak mencapai tujuannya untuk menghabisi Hamas, dan juga tidak hampir mencapainya dalam arti apa pun.

Selain itu, negara pendudukan Israel telah dikepung oleh serangan di lebih dari satu front, di utara dari Hizbullah Lebanon dan faksi-faksi lain, dan di selatan dari kelompok Houthi Ansar Allah Yaman, yang meluncurkan serangan pesawat tak berawak yang menghantam wilayah Israel di dekat kedutaan besar Amerika Serikat, menargetkan kapal-kapal yang berlayar menuju Israel, serta mengganggu navigasi di Selat Bab al-Mandab, salah satu jalur perairan terpenting di dunia. Selain itu, pada bulan April lalu, Israel terkena serangan langsung pertama dari wilayah Iran dengan rudal dan pesawat tak berawak.

Baca juga: Syahidnya Ismail Haniyeh Satukan Palestina dari Gaza Hingga Ramallah

Israel tidak lagi dapat mengantisipasi serangan berikutnya dalam hal ukuran, sumber, atau bahkan siapa yang akan melakukannya. Mengingat hal ini, pertanyaan yang ada di meja para pengambil keputusan Israel di sini adalah: Apa yang bisa dicapai Israel dengan melanjutkan permusuhan di Gaza?

Jawabannya: Lebih banyak dari apa yang telah dicapai selama sepuluh bulan terakhir: pembunuhan, penghancuran, pengungsian, dan, tentu saja, kegagalan strategis. Singkatnya, Israel telah gagal secara militer di Gaza, dan tidak ada yang bisa mengubah fakta ini setelah sekian lama. Solusi yang muncul adalah mencari semacam kemenangan politik yang dibungkus dengan karakter militer, dan pembunuhan, yang merupakan keahlian Israel, adalah arena yang ideal untuk mencapai kemenangan semacam ini.

Dengan menargetkan para pemimpin perlawanan Palestina di luar negeri, seperti Saleh al-Arouri dan Ismail Haniyeh, dan para pemimpin faksi-faksi yang bersekutu dengan Iran, seperti pemimpin Hizbullah Lebanon, Fouad Shukr, pemerintah pendudukan dapat menawarkan kepada rakyatnya "kemenangan simbolis sementara" yang merembes di tengah-tengah arus kegagalan.

Dengan mendemonstrasikan kehadiran militernya di luar perbatasannya dengan Iran, Israel menunjukkan kemampuannya untuk bertindak, mengembalikan beberapa bagian dari daya tangkal yang terkikis, dan memindahkan pertempuran, setidaknya sebagian, ke kancah regional yang lebih luas, menjauhi rawa Gaza yang tenggelam di telinganya.

Israel selalu unggul dalam membunuh lawan-lawannya yang terkemuka, mengubah dunia menjadi ladang pembunuhan, sebuah ciri khas yang tak terbantahkan dari Mossad dan dinas keamanan negara pendudukan. Sering kali, pembunuhan yang dilakukan Israel dimotivasi oleh balas dendam, termasuk operasi-operasi yang menyasar para intelektual dan politisi seperti Ghassan Kanafani dari Palestina, Gamal Hamdan dan Salwa Habib dari Mesir, serta para intelektual lain yang menentang Israel melalui pemikiran dan pena.

Di lain waktu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement