Kamis 01 Aug 2024 16:43 WIB

PDIP Lakukan Survei Internal untuk Tentukan Cagub Jateng, Ini Bocorannya

Hasil survei jadi patokan PDIP untuk memutuskan siapa yang diusung di Pilgub Jateng.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Foto: Tangkapan Layar
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menggodok tentang siapa kadernya yang akan dimajukan dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng). PDIP juga bakal melakukan survei internal guna menyaring kandidat-kandidat potensial.

"Kita sedang konsolidasikan, kita laporkan ke DPP (Dewan Pengurus Pusat). Termasuk di luar konstelasi PDIP yang marak diperbincangkan juga kita laporkan," kata Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga

Merespons munculnya nama mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dalam bursa bakal calon gubernur (bacagub) dari PDIP, Agustina mengatakan, keputusan terkait siapa yang dicalonkan akan diputuskan setelah survei internal akhir pada 16-20 Agustus 2024 nanti.

"Nanti tunggu survei ke depan tanggal 16-20 Agustus akan keluar. Survei pertengahan bulan nanti akan memberikan catatan penting bagi kita. Jika Pak Andika (yang unggul), apa yang kita lakukan. Jika (kader) yang lainnya juga apa yang harus kita lakukan. Jadi, apakah Pak Andika yang mendapat rekomendasi, kita juga belum tahu," kata Agustina.

Dia menambahkan, hasil survei internal akan menjadi patokan apakah nantinya PDIP mengusung kader internal atau justru mengombinasikan dengan tokoh yang populer di mata masyarakat. Agustina mengungkapkan, soal penentuan calon wakil gubernur, PDIP juga terbuka dan berkomunikasi dengan berbagai partai.

"Untuk PDIP tidak hanya sendiri. Tentu kita akan merangkul banyak partai untuk mengurus Jawa Tengah," ujar Agustina.

Sebelumnya Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, mengungkapkan, partainya sedang menggodok nama Andika Perkasa untuk maju dalam pilgub Jateng.

"Sudah beredar di kalangan DPP bahwa kemungkinan Pak Andika Perkasa akan dicalonkan, menjadi rumor, banyak yang mengusulkan lah,” kata Bambang saat ditemui awak media di Kantor DPD PDIP di Semarang, Jateng, 23 Juli 2024 lalu.

Kendati demikian, Bambang menambahkan, sejauh ini belum ada penetapan terkait hal tersebut. “Ini kan andai kata diajukan, itu tentu kita akan bekerja keras untuk memenangkan Pak Andika,” ucapnya.

Bambang kemudian menyanjung sosok Andika Perkasa. Menurutnya, selain pensiunan jenderal bintang empat yang pernah menjabat sebagai panglima TNI, Andika juga memiliki sifat simpatik. “Pak Andika Perkasa adalah sosok yang bisa membikin kita, kawan-kawan PDI, mungkin ada perasaan sedikit aman, nyaman. Begitu kira-kira,” ujar Bambang Pacul setelah ditanya tentang peluang Andika memenangkan pilgub Jateng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement