Sabtu 27 Jul 2024 17:29 WIB

Mengenal Pangdam Brawijaya, Mantan Ajudan Jokowi dan Sesmilpres

Mayjen Rudy Saladin dikenal dekat dengan Presiden Jokowi dan penghuni Paviliun 5A.

Mayjen Rudy Saladin mendapat promosi dari Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) menjadi Pangdam V/Brawijaya.
Foto: Republika.co.id
Mayjen Rudy Saladin mendapat promosi dari Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) menjadi Pangdam V/Brawijaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayjen Rudy Saladin mendapat promosi menjadi Panglima Kodam V/Brawijaya. Dia menggantikan Mayjen Rafael Granada Baay yang digeser menjadi Pangdam Jaya. Rudy bukan perwira tinggi (pati) TNI AD sembarangan. Dia merupakan peraih Adhi Makayasa Akademi Militer (Akmil) 1997 dan saat ini masih menduduki Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Rudy yang merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2021 merupakan penghuni Paviliun 5A di Akmil Magelang. Adapun Paviliun 5A sudah menghasilkan dua abiturien terbaiknya menjadi presiden, yaitu Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono dan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto.

Baca Juga

Rudy memang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Selepas menjadi ajudan, ia dua kali menjabat komandan korem (danrem) di Kota Solo dan Bogor. Dua tempat itu merupakan kediaman Jokowi. Rudy menjadi Danrem 074/Warastratama pada 2021-2022 dan Danrem 061/Surya Kencana pada 2022-2023.

Adapun pengganti Rudy belum diputuskan. Dengan begitu, Rudy akan mengemban dua jabatan sekaligus untuk sementara waktu.

Mutasi tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 dan hasil sidang Wanjakti pada 18 Juli 2024 yang diteken Jenderal Agus Subiyanto di Jakarta pada 24 Juli 2024. Total ada 256 perwira tinggi (pati) TNI yang terkena mutasi dan promosi, serta ada yang memasuki masa purnatugas.

Pergantian juga menimpa Kapuspen TNI dari Mayjen R Nugraha Gumilar kepada Brigjen Hariyanto, yang saat ini merupakan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih. Posisi tersebut akan diisi Brigjen Thevi Angandowa Zebua. Posi Wakil Asisten Latihan KSAD Bidang Kermamil yang ditinggalkan Thevi akan ditempati Brigjen Dwi Sasongko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement