Kamis 25 Jul 2024 12:26 WIB

Semua Penumpang Tewas, Pilot Jadi Satu-Satunya Korban Selamat Pesawat Jatuh di Nepal

Pilot menjadi satu-satunya korban selamat dalam kecelakaan pesawat Saurya Airlines.

Pesawat jatuh (ilustrasi)
Foto:

Tayangan televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan asap hitam tebal membubung ke langit. Gambar juga menunjukkan pesawat terbang sedikit di atas landasan pacu dan kemudian miring ke kanan sebelum jatuh.

Gambar lain menunjukkan petugas penyelamat memeriksa sisa-sisa pesawat yang hangus, berserakan di lapangan hijau subur, dan jenazah dibawa ke ambulans dengan tandu sementara warga menyaksikannya.

“Pesawat itu dijadwalkan menjalani perawatan selama satu bulan mulai Kamis… Tidak jelas mengapa pesawat itu jatuh,” kata Mukesh Khanal, kepala pemasaran Saurya Airlines.

Bandara Kathmandu ditutup sementara setelah kecelakaan itu tetapi dibuka kembali dalam beberapa jam, kata para pejabat.

Menurut pelacakan penerbangan Flightradar24, Saurya saat ini mengoperasikan dua jet regional CRJ-200, sebuah program yang dimiliki oleh Bombardier Kanada tetapi dibeli oleh Mitsubishi Heavy Industries pada 2020. Saurya mengatakan pihaknya memiliki CRJ-200 lain di armadanya.

Nepal telah dikritik karena catatan keselamatan udaranya yang buruk, dimana banyak maskapai penerbangan terbang ke bandara kecil di perbukitan terpencil dan dekat puncak yang diselimuti awan. Negara ini adalah rumah bagi delapan dari 14 puncak gunung tertinggi di dunia.

Terletak di jantung Lembah Kathmandu, bandara utama negara ini dikelilingi oleh pegunungan, mempengaruhi arah dan intensitas angin di wilayah tersebut serta membuat lepas landas dan mendarat menjadi tantangan bagi pilot.

Insiden paling mematikan terjadi pada tahun 1992, ketika sebuah Airbus Pakistan International Airlines jatuh di lereng bukit saat mendekati Kathmandu, menewaskan 167 orang.

Baru-baru ini, setidaknya 72 orang tewas dalam kecelakaan maskapai Yeti pada Januari 2023 yang kemudian dikaitkan dengan kesalahan pilot dalam memutus aliran listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement