Kamis 25 Jul 2024 12:11 WIB

Ini Penyebab Kecelakaan Rombongan 33 Dosen Unpam yang Menewaskan Direktur Pascasarjana

Kecelakaan itu menyebabkan seorang korban meninggal dunia dan tiga orang terluka.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Mas Alamil Huda
Bus pengangkut rombongan dosen dari Universitas Pamulang (Unpam) yang mengalami kecelakaan di ruas Tol Cikopo Palimanan (Cipali), Kabupaten Majalengka, Rabu (24/7/2024) sekitar pukul 21.42 WIB.
Foto: Dok Humas Tol Cipali
Bus pengangkut rombongan dosen dari Universitas Pamulang (Unpam) yang mengalami kecelakaan di ruas Tol Cikopo Palimanan (Cipali), Kabupaten Majalengka, Rabu (24/7/2024) sekitar pukul 21.42 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA - Bus Blue Star bernopol B 7263 NAA yang mengangkut rombongan dosen Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan, mengalami kecelakaan tunggal di Tol Cipali KM 176 jalur B, Kabupaten Majalengka, Rabu (24/7/2024) sekitar pukul 21.42 WIB. Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Mochammad Ali, menyebutkan, kecelakaan itu menyebabkan seorang korban meninggal dunia dan tiga orang terluka.

Adapun korban meninggal dunia adalah DR Ir H Sarwani, MT, MM, seorang dosen yang juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang. Sedangkan tiga korban luka masing-masing bernama Agus Nuryanto (34), Sahrul Dimastiar Setiawan (22) dan Subarto (87).

Baca Juga

Ali menjelaskan, korban meninggal dunia telah dievakuasi ke RSUD Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Sedangkan korban luka-luka, dirawat di RS Mitra Plumbon Cirebon. Menurut Ali, kecelakaan itu bermula saat bus yang dikemudikan Agus Nuryanto (34), warga Jakarta Selatan, melaju dari arah Palimanan menuju Cikopo. Bus tersebut berisi 33 orang, berikut pengemudinya.

‘’Setibanya di tempat kejadian, kendaraan diduga oleng ke kanan kemudian menabrak tiang RPPJ yang berada di median. Akibatnya, kendaraan tertimpa tiang RPPJ (rambu pendahulu petunjuk jalan),’’ terang Ali, Kamis (25/7/2024).

Sementara itu, Corporate Communications & Sustainability Management Dept Head Astra Tol Cipali, Ardam Rafif Trisilo, memastikan, arus lalu lintas di ruas Tol Cipali kembali normal setelah kecelakaan bus tersebut. Ardam mengungkapkan, pascakejadian, pihaknya telah mengerahkan unit rescue, patroli, Derek dan tim medis. Penanganan di lokasi kejadian itu dilakukan bekerja sama dengan PJR.

‘’Saat ini, semuanya sudah ditangani, sudah kembali normal. Kami mengimbau para pengendara selalu berhati-hati serta menjaga keselamatan dalam perjalanan,’’ tukas Ardam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement