Kamis 25 Jul 2024 11:53 WIB

Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Solo Libatkan Gojek

Ada 160 siswa yang mendapatkan makan siang bergizi di SDN Jagalan Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Uji coba makan bergizi gratis di SDN Jagalan, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/7/2024).
Foto: Dok Alfian
Uji coba makan bergizi gratis di SDN Jagalan, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Uji coba program makan bergizi gratis di SDN Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/7/2024), disambut antusias siswa dan guru. Simulasi program makan gratis tersebut rencananya berlangsung selama 12 hari.

Adapun paket makanan berasal dari pelaku UMKM. Paket makanan untuk siswa diantar langsung oleh pengemudi Gojek ke ruang kelas.

Pantauan Republika.co.id, menu makan siang bergizi tersebut terdiri dari susu dan nasi, kerupuk, sayur sawi, ayam, tempe buah melon. Sedangkan menu lainnya, berupa nasi ayam katsu, sayur brokoli, irisan telur, dan buah pepaya.

Kepala SDN Jagalan Yuni Rahayu Utami menjelaskan, ada 160 siswa yang mendapatkan makan siang bergizi. Pihaknya berharap program tersebut dapat membantu gizi siswa lebih baik agar berdampak pada kemampuan kognitifnya.

"SD Hagalan mulai hari ini mendapatkan makan gratis, jumlah siswa 160. Harapannya anak anak pertama belajar lebih suka makan sayur lengkap dan sehat untuk anak anak kamu lebih baik dalam gizinya tentunya berdampak pada kecerdasan anak," kata Yuni saat ditemui Republika.co.id, Kamis.

Yuni mengaku, tak tahu-menahu alasan dipilihnya uji coba makan bergizi di sekolahnya. Dia menyebut, tiba-tiba saja ada perwakilan Gojek mengunjungi sekolahnya sekitar dua pekan lalu, untuk membahas program tersebut. "Tidak (mengajukan diri) jadi tahu-tahu kami mendapatkan tamu dari Gojek kira kira dua minggu yang lalu," katanya.

Yuni menjelaskan, uji coba tersebut akan berlangsung mulai Kamis hingga Jumat (9/8/2024). Dia pun berharap menu yang diberikan pada anak bervariasi agar tidak bosan. "Nanti setiap hari akan didampingi pihak GoFood untuk pemesanan. Untuk menunya mestinya begitu harapannya anak anak tidak bosan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement