Ahad 21 Jul 2024 21:44 WIB

Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Purwokerto Selenggarakan Uji Kompetensi

Acara ini berlangsung dengan dukungan penuh dari PT Sadasa Academy Indonesia.

Mahasiswa semester 2 Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Purwokerto telah sukses melaksanakan workshop dan uji kompetensi berbasis industri di bidang basis data.
Foto: Universitas BSI
Mahasiswa semester 2 Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Purwokerto telah sukses melaksanakan workshop dan uji kompetensi berbasis industri di bidang basis data.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Mahasiswa semester 2 Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Purwokerto telah sukses melaksanakan workshop dan uji kompetensi berbasis industri di bidang basis data. Acara ini berlangsung dengan dukungan penuh dari PT Sadasa Academy Indonesia sebagai penguji dari industri. Kegiatan ini diawali dengan workshop yang berlangsung pada 26 Juni 2024 dan proses Uji Kompetensi pada 3 Juli 2024.

Workshop dan uji kompetensi ini merupakan bagian dari upaya Universitas BSI Kampus Purwokerto untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan industri. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan wawasan langsung dari profesional di bidang basis data.

Baca Juga

Ketua Program Studi Sistem Informasi BSI Purwokerto, Ina Maryani menjelaskan pentingnya keterampilan praktis dalam bidang basis data. Selanjutnya, para mahasiswa mengikuti sesi workshop yang dipandu oleh instruktur berpengalaman dari PT Sadasa Academy Indonesia.

“Mereka diperkenalkan dengan teknologi dan alat terbaru yang digunakan dalam industri, serta mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan langsung pengetahuan yang mereka pelajari,” jelas Ina.

Puncak acara adalah uji kompetensi yang dilaksanakan oleh tim dari PT. Sadasa Academy Indonesia. Uji kompetensi ini dirancang untuk mengukur sejauh mana pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola basis data sesuai dengan standar industri. Hasil uji kompetensi ini akan menjadi salah satu tolak ukur bagi mahasiswa dalam menilai kesiapan mereka untuk terjun ke dunia kerja.

Sementara itu, Meymunah perwakilan dari PT Sadasa Academy Indonesia, mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme dan kemampuan para mahasiswa.

"Kami sangat terkesan dengan semangat belajar dan keahlian teknis yang ditunjukkan oleh para mahasiswa BSI Purwokerto. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menjembatani kesenjangan antara teori yang diajarkan di kampus dan praktik di dunia industri," imbuhnya.

Salah satu peserta, Royhan, menyampaikan kesannya setelah mengikuti workshop dan uji kompetensi ini. Banyak ilmu baru dan pengalaman yang sangat berharga selama mengikuti kegiatan ini.

"Saya merasa sangat beruntung bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Banyak ilmu dan pengalaman berharga yang saya dapatkan, yang tentunya akan sangat berguna bagi karier saya di masa depan," ujar Ani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement