Senin 15 Jul 2024 11:39 WIB

Upaya Pembunuhan Terhadap Donald Trump Dinilai Rusia Bagian dari Tradisi Politik AS

Joe Biden menegaskan, kekerasan bukan jati diri AS sebagai negara.

Rep: Kamran Dikrama/ Red: Andri Saubani
Kandidat presiden dari Partai Republik yang juga mantan Presiden Donald Trump dibantu oleh  agen Dinas Rahasia AS menuruni turun panggung usai ditembak saat kampanye di Butler, Pennsylvania, AS, Sabtu (13/7/2024). Kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump terluka usai suara tembakan terdengar di tengah kampanye di Pennsylvania. Meskipun terluka, Trump dipastikan dalam kondisi baik.
Foto:

Presiden AS Joe Biden telah memerintahkan penegak hukum federal untuk menjalankan penyelidikan yang menyeluruh dan cepat atas percobaan pembunuhan mantan presiden Donald Trump. Berbicara kepada rakyat Amerika dari Gedung Putih, Ahad, Biden mengatakan ia telah berbicara singkat melalui telepon dengan Trump pada Sabtu malam (13/7/2024) dan menyatakan sangat bersyukur kondisi Trump baik-baik saja.

"Tidak ada tempat di Amerika untuk kekerasan semacam ini, atau kekerasan apa pun dalam hal ini. Percobaan pembunuhan bertentangan dengan semua yang kita perjuangkan sebagai sebuah negara, segalanya, itu bukan jati diri kita sebagai sebuah negara. Itu bukan Amerika, dan kita tidak dapat membiarkan ini terjadi," kata Biden.

"Persatuan adalah tujuan yang paling sulit dicapai dari semuanya, tetapi tidak ada yang lebih penting daripada itu saat ini," ujar dia, menambahkan.

Biden mengatakan ia menginstruksikan para pejabat untuk memastikan penyelidikan yang sedang berlangsung atas penembakan Sabtu itu "menyeluruh dan cepat," dan bahwa para penyelidik "memiliki semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan ini."

Ia selanjutnya memerintahkan Secret Service untuk menyediakan Trump semua sumber daya dan tindakan perlindungan yang diperlukan untuk memastikan keselamatannya, termasuk untuk meninjau protokol keamanan selama Konvensi Nasional Partai Republik minggu ini, di mana Trump akan secara resmi ditetapkan sebagai calon presiden partai tersebut.

Biden pun memerintahkan penyelidikan atas pengamanan selama kampanye Trump di Negara Bagian Pennsylvania pada Sabtu lalu, untuk menilai apa yang sebenarnya terjadi.

"Hasil penyelidikan itu akan dibagikan kepada publik", kata Biden.

Biden juga meminta masyarakat di negaranya menurunkan suhu politik. Biden mengungkapkan, insiden penembakan terhadap Trump di Butler, Pennsylvania, akhir pekan lalu, menuntut semua pihak mengambil langkah mundur.

“Kita tidak bisa membiarkan kekerasan ini dinormalisasi. Retorika politik di negeri ini semakin memanas. Saatnya mendinginkannya. Kita semua mempunyai tanggung jawab untuk melakukan ini,” kata Biden.

 

 

sumber : Antara, Reuters, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement