Jumat 06 Sep 2024 09:14 WIB

Gedung Putih Ingatkan Putin: Setop Bicara Pemilu AS

Putin berharap jika Harris terpilih tidak mengikuti jejak Donald Trump.

Presiden Rusia Vladimir Putin
Foto: Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Rusia Vladimir Putin harus berhenti berbicara tentang pemilihan presiden AS. Demikian ditegaskan Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby pada Kamis (5/9) dalam komentarnya tentang pernyataan Putin mengenai Wakil Presiden AS Kamala Harris.

"Tuan Putin harus berhenti berbicara tentang pemilu kami. Titik," ujar Kirby saat konferensi pers. 

Baca Juga

Ia menilai Putin tidak boleh memihak siapa pun dengan cara apa pun. Menurut Kirby, satu-satunya orang yang harus menentukan siapa presiden Amerika Serikat berikutnya adalah rakyat Amerika. "Dan kami akan sangat menghargai jika Tuan Putin berhenti membicarakan pemilu kami dan berhenti ikut campur di dalamnya," kata Kirby saat konferensi pers.

Sebelumnya, Rusia dilaporkan akan mendukung calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris, seperti yang direkomendasikan oleh Presiden AS Joe Biden, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis.

"Saya menyatakan bahwa presiden saat ini, Biden, adalah favorit kami. Dia (Biden) dikeluarkan dari pencalonan, tetapi dia merekomendasikan agar semua pendukung menyokong Harris," kata Putin.

"Jadi kami akan melakukan hal yang sama – kami akan mendukungnya (Harris)," kata presiden Rusia itu, saat berpidato pada Forum Ekonomi Timur (EEF) di Vladivostok.

Putin menyadari bahwa Rusia bukanlah pihak yang berhak menentukan kandidat favorit pemilihan presiden AS, serta menambahkan bahwa presiden baru AS akan menjadi pilihan warga Amerika sendiri.

Kepala negara Rusia itu menyebut mantan Presiden AS Donald Trump telah menjatuhkan sejumlah besar sanksi terhadap Rusia. Putin mengutarakan harapannya agar Harris tidak akan mengikuti jejak Trump seperti itu.

 

sumber : Antara/Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement