Kamis 11 Jul 2024 12:16 WIB

Kisah Pemasok Makanan di Jalur Gaza, Berhadapan dengan Peluru, Rampok, dan Jeratan Suap

Pengiriman bahan makanan di Jalur Gaza banyak menemui rintangan

Konvoi truk yang membawa pasokan bantuan kemanusiaan ke Gaza menunggu di jalan utama gurun Ismailia, sekitar 300 km timur perbatasan Mesir dengan Gaza, dalam perjalanan menuju penyeberangan Rafah, Mesir, Selasa (13/2/2024). Bantuan kemanusiaan terus mengalir untuk warga Palestina di Gaza. Lebih dari 28.300 warga Palestina terbunuh akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Konvoi truk yang membawa pasokan bantuan kemanusiaan ke Gaza menunggu di jalan utama gurun Ismailia, sekitar 300 km timur perbatasan Mesir dengan Gaza, dalam perjalanan menuju penyeberangan Rafah, Mesir, Selasa (13/2/2024). Bantuan kemanusiaan terus mengalir untuk warga Palestina di Gaza. Lebih dari 28.300 warga Palestina terbunuh akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Di balik pengiriman bahan makan di Jalur Gaza yang tengah berkecamuk akibat perang, muncul kisah-kisah ironis yang disampaikan sejumlah pedagang dan pemasok makanan pokok untuk Jalur Gaza.

Hal ini terungkap melalui laporan Reuters bertajuk “Feeding Gaza: Traders run a gauntlet of bullets, bombs and bribes” yang diturunkan Reuters.

Baca Juga

Mohammed, misalnya, menggambarkan pekerjaan pengiriman barang seperti di neraka. "Saya selalu dikerjai dalam setiap pengiriman," kata pedagang Palestina itu kepada Reuters.

Dia mengatakan bahwa dia harus membayar lebih dari 14 ribu untuk setiap truk makanan yang dibawanya ke Jalur Gaza yang terkepung untuk membayar biaya transportasi yang sangat tinggi, suap kepada perantara dan perlindungan dari penjarah.

Jumlah itu naik dari 1.500-4.000 dolar AS sebelum perang Israel dimulai Oktober lalu. "Ini hampir tidak sebanding dengan apa yang saya dapatkan," katanya, "tapi saya butuh makanan, tetangga saya butuh makanan, seluruh Gaza butuh makanan."

Mohammed mengatakan bahwa ia tidak suka melakukannya, tetapi ia terpaksa menaikkan harga beberapa makanan segar seperti produk susu, buah, dan ayam hingga 10 kali lipat dari harga normal untuk mencapai titik impas, meskipun ia tahu hal itu akan membuat makanan-makanan tersebut tidak terjangkau oleh banyak orang Palestina yang kelaparan di Gaza.

Dia dan 17 orang lainnya yang diwawancarai oleh Reuters, sebagian besar dari mereka adalah pedagang dan pekerja bantuan di Gaza yang memiliki pengetahuan langsung tentang situasi pasokan, menggambarkan sistem yang kacau yang sering kali membuatnya terlalu berbahaya atau mahal bagi pemilik bisnis untuk mengimpor makanan, bahkan ketika badan-badan bantuan memperingatkan tentang risiko kelaparan yang semakin meningkat.

Banyak dari mereka yang meminta nama lengkapnya dirahasiakan agar dapat berbicara secara bebas tentang hal-hal yang sensitif, dan para pedagang seperti Mohammed mengatakan bahwa mereka takut dimasukkan ke dalam daftar hitam militer Israel karena berbicara. Sebagian besar uang yang dihabiskan untuk mengimpor makanan digunakan untuk membengkaknya biaya transportasi, menurut orang-orang yang diwawancarai.

Para sopir di Israel telah menaikkan tarif mereka hingga tiga kali lipat karena serangan-serangan yang dilakukan oleh para pengunjuk rasa Israel terhadap truk-truk yang menuju ke Gaza, kata mereka.

Kargo juga sering kali harus menunggu berhari-hari, baik di dekat titik keberangkatan di Tepi Barat yang diduduki atau di perbatasan Kerem Shalom yang menyeberang dari Israel ke Gaza selatan, di mana mereka harus diperiksa oleh tentara Israel dan disetujui untuk memasuki daerah kantung tersebut, sehingga semakin menaikkan biaya.

Begitu barang akhirnya berhasil masuk ke Gaza, sumber-sumber tersebut mengatakan kepada Reuters, bagian paling menakutkan dari perjalanan itu dimulai. Seorang pedagang lain, Hamuda, yang mengimpor acar sayuran, unggas dan produk susu dari Tepi Barat, mengatakan bahwa ia membayar geng kriminal setempat atau menyewa orang-orang bersenjata untuk berdiri di atas kargo dan menghalau para penjarah.

"Biayanya berkisar antara 200 dolar AS hingga 800 dolar AS untuk hal ini," jelasnya. "Ini sepadan untuk kargo yang bisa bernilai hingga 25 ribu dolar AS." Dia mempekerjakan teman atau kerabat, dan membutuhkan sekitar 3-5 orang per truk.

Sementara itu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement