Rabu 10 Jul 2024 14:45 WIB

Sekjen PAN Sambut Usulan Pimpinan DPR dari Seluruh Fraksi

Pimpinan DPR strategis dalam membicarakan persoalan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno. (ilustrasi)
Foto: istimewa/doc humas
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno, mengatakan usulan agar Pimpinan DPR RI diisi dari perwakilan seluruh Fraksi di DPR  patut disambut dan dipelajari lebih lanjut. Menurutnya, bagus jika seluruh partai memiliki representasi merumuskan kebijakan di level pimpinan.

Hal ini disampaikan Eddy menanggapi berkembang dinamika usulan di parlemen agar unsur Pimpinan DPR RI diisi dari perwakilan seluruh Fraksi di Senayan.  Menurutnya,  jika tujuannya adalah melengkapi forum komunikasi pimpinan partai di parlemen secara kolektif-kolegial maka usulan tersebut patut disambut dan dipelajari lebih lanjut.  

"Kita samakan persepsi dulu untuk tujuannya. Kalau dilakukan agar seluruh partai di parlemen memiliki representasi merumuskan kebijakan di level pimpinan maka usulan ini patut disambut dan dipelajari lebih lanjut," kata Eddy. 

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini memandang positif jika seluruh partai baik besar atau kecil, pendukung atau di luar pemerintahan bisa duduk bersama mengambil keputusan-keputusan strategis yang membawa manfaat untuk masyarakat. 

"Kalau PAN mengutamakan manfaatnya yaitu agar keputusan-keputusan strategis bisa dibicarakan bersama oleh berbagai kelompok masyarakat yang diwakili fraksi, sehingga keputusan yang diambil membawa kebaikan untuk semua pihak. Kalau kita sepakat disitu rasanya usulan ini patut disambut," ungkap Eddy.

Eddy menjelaskan bahwa bagi PAN, Pimpinan DPR berperan strategis bukan dari aspek kedudukannya tetapi bagaimana permasalahan di masyarakat dapat dibicarakan bersama oleh para pimpinan dan dicarikan solusi secepatnya

"Fungsi artikulasi masyarakat dan agregasi kepentingan yang dilakukan DPR tentu bisa lebih bermanfaat, lebih cepat diputuskan dan yang pasti lebih mudah ditindaklanjuti jika para pimpinan seluruh partai di DPR bisa duduk dalam satu forum untuk “urun rembug” bersama," kata anggota DPR RI Dapil Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement