Selasa 09 Jul 2024 13:20 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Ciptakan Aplikasi LAPIM Buat Dishub Jakarta

Aplikasi bisa jadi solusi jitu buat kelola laporan insiden secara cepat dan tepat.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu bikin nganga! Kali ini, lewat prestasi Ryandaru Aryasatya, mahasiswa jurusan Sistem Informasi, yang berhasil mengembangkan sistem Laporan Insiden Masyarakat (LAPIM) buat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu bikin nganga! Kali ini, lewat prestasi Ryandaru Aryasatya, mahasiswa jurusan Sistem Informasi, yang berhasil mengembangkan sistem Laporan Insiden Masyarakat (LAPIM) buat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu bikin nganga! Kali ini, lewat prestasi Ryandaru Aryasatya, mahasiswa jurusan Sistem Informasi, yang berhasil mengembangkan sistem Laporan Insiden Masyarakat (LAPIM) buat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Proyek skripsi yang jadi sorotan ini punya tujuan mulia yakni meningkatkan efektivitas pelaporan dan penanganan insiden transportasi di Jakarta.

Ryandaru sadar betul betapa pentingnya sistem pelaporan yang efisien untuk insiden transportasi seperti kemacetan, kecelakaan, dan gangguan jalan. Dengan semangat juang ala mahasiswa pejuang tugas akhir, dia berhasil menciptakan LAPIM dengan fokus pada kemudahan penggunaan oleh masyarakat serta integrasi yang mulus dengan sistem Dishub DKI Jakarta. Harapannya, aplikasi ini bisa jadi solusi jitu buat kelola laporan insiden secara cepat dan tepat.

Baca Juga

“Seiring meningkatnya jumlah kendaraan dan aktivitas di Jakarta, insiden lalu lintas jadi makin sering terjadi. Dishub DKI Jakarta terima banyak laporan setiap hari yang sering bikin tumpukan laporan dan penanganan jadi nggak efisien. Nah, di sinilah LAPIM hadir sebagai penyelamat. Sistem ini dikembangkan untuk memberikan solusi teknologi yang praktis demi kelancaran penanganan insiden,” ceritanya seru.

Acara serah terima aplikasi LAPIM berlangsung dengan lancar dan meriah. Dihadiri langsung oleh Kepala Satuan Pelaksana Dishub DKI Jakarta, Fahrudin Hariyadi, serta beberapa pejabat penting lainnya, acara ini jadi ajang apresiasi buat Ryandaru dan Universitas BSI.

Sistem LAPIM diharapkan bisa segera diimplementasikan dan digunakan oleh masyarakat Jakarta, mendukung Dishub dalam menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan efisien. Proyek ini bukan cuma cerminan kemampuan akademis mahasiswa Universitas BSI saja, tapi juga bukti nyata bahwa mereka mampu menciptakan solusi praktis yang bermanfaat bagi masyarakat. Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif terus berkomitmen menghasilkan lulusan yang nggak cuma pintar di kelas, tapi juga punya kontribusi nyata buat masyarakat.

Dengan hadirnya aplikasi LAPIM, diharapkan pelaporan insiden transportasi di Jakarta jadi lebih efektif dan efisien. Buat Dishub, masyarakat, dan tentunya, Ryandaru yang kece ini, sukses terus! Ayo dukung terus inovasi anak bangsa!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement