Senin 08 Jul 2024 16:59 WIB

Saat Zionis Rangkul Sayap Kanan Prancis dan Kalah di Pemilu

Yahudi Prancis mendukung sayap kanan yang punya sejarah antisemitisme.

Pengunjuk rasa Palestina menduduki Alun-alun La Republique di Paris pada Oktober 2023 lalu.
Foto: REUTERS/Sarah Meyssonnier
Pengunjuk rasa Palestina menduduki Alun-alun La Republique di Paris pada Oktober 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Pemilu Prancis menguak tindakan para Zionis merangkul kelompok yang terang-terangan benci dengan bangsa Yahudi ketimbang harus berkubu dengan mereka yang pro-Palestina. Bagaimanapun, keberhasilan koalisi sayap kiri yang dipimpin Insoumise La France mengejutkan komunitas Yahudi di Prancis dan pihak-pihak di Israel. 

Harapan mereka bahwa kelompok sayap kanan akan memenangkan pemilu dan membela Israel dikandaskan dalam pemilihan tahap kedua pada Ahad (7/7/2024). Media Yahudi Forward melansir, kelompok sayap kanan sedianya musuh lama Yahudi Prancis. 

Baca Juga

Pendiri gerakan itu, Jean-Marie Le Pen, telah berulang kali dihukum karena ujaran kebencian dan penyangkalan Holocaust. Sedangkan pendiri lainnya, Pierre Bousequet sempat bertugas di Waffen-SS Partai Nazi saat Jerman menguasai Prancis. Kandidat National Rally dalam pemilu ini juga kedapatan melakukan tindakan yang jelas-jelas antisemit seperti mengenakan yarmulk bergambar swastika. 

Pembawa panji terkini sayap kanan Prancis, Marie Le Pen, yang merupakan putri Jean-Marine, mencoba mengobati citra partainya. Ia mendekati kelompok Zionis di Prancis dan pelan-pelan mengubah citra antisemit partainya dengan lebih terfokus menargetkan umat Islam dan imigran di Prancis.

Kemudian terjadilah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 yang dibalas dengan perang genosida Israel di Jalur Gaza. Beberapa politisi sayap kiri menolak untuk secara eksplisit mengutuk serangan Hamas terhadap Israel. Le Pen, sementara itu, mengecam serangan Hamas, dan mendorong posisi pro-Israel. 

CRIF, organisasi payung Yahudi Perancis, kemudian mendesak komunitas tersebut untuk menolak kelompok sayap kanan dan sayap kiri. Namun menjelang pemungutan suara hari Minggu, ketika dihadapkan dengan kebangkitan Insoumise La France, beberapa suara terkemuka Yahudi menyerukan masyarakat untuk memilih partai Le Pen. 

Salah satu ekspresi dukungan yang mencolok terhadap National Rally datang dari Serge Klarsfeld, seorang penyintas Holocaust Perancis yang terkenal karena memburu penjahat Nazi dan mendesak agar mereka diadili.

“Nasional Rally mendukung orang Yahudi, mendukung negara Israel,” kata Klarsfeld, 88 tahun, dalam wawancara yang disiarkan televisi secara nasional bulan lalu. “Ketika ada partai anti-Yahudi dan partai pro-Yahudi, saya akan memilih partai pro-Yahudi.”

Kelompok kiri yang dipimpin partai Insoumise La France berulang kali menegaskan dukungannya terhadap Palestina. Bahkan sejak awal 2010, Jean-Luc Mélenchon, pemimpin Insoumise La France telah membela Palestina melawan Israel dan mengkritik CRIF dengan menuduhnya menganut komunitarianisme. 

Perlu diingat bahwa CRIF di Perancis, seperti AIPAC di Amerika Serikat, melakukan lobi dengan penuh semangat untuk mendukung Israel, khususnya di kalangan politikus.  Pada 2014, Mélenchon mendukung demonstrasi anti-Israel dan gerakan BDS (Boikot, Divestasi, dan Sanksi). 

Sejak 7 Oktober, kritik Yahudi Prancis  terhadap Mélenchon menjadi semakin ganas. Tujuannya untuk mengalihkan perhatian dari serangan genosida yang dilancarkan terhadap Gaza dan melarang diskusi mengenai hal tersebut. 

Kantor media Pressenza melansir bahwa tuduhan antisemitisme lebih langsung dan kini menyasar Insoumise La France secara keseluruhan. Mélenchon menolak untuk mematuhi pemerintah Prancis yang menggambarkan Hamas sebagai organisasi teroris. 

Menurut dia,  Hamas adalah pasukan kombatan yang berperang melawan pendudukan wilayah mereka. Oleh karena itu, ia menolak menganggap pembantaian tanggal 7 Oktober sebagai tindakan teroris dan melihatnya sebagai kejahatan perang. Ia juga mengkritik presiden Majelis Nasional, Yaël Braun-Pivet, yang pergi ke Israel saat bom Israel menghujani Gaza. Ia juga berani menyebut Negara Israel sebagai negara genosida.

Sikap tersebut diklaim berdampak pada Insoumise La France secara keseluruhan, karena pernyataan Mélenchon dituding merupakan bagian dari strategi yang diambil partai tersebut untuk menarik lingkungan kelas pekerja yang memiliki jumlah pemilih Muslim yang signifikan. Sebuah survei mengungkapkan bahwa 92 persen orang Yahudi di Prancis percaya bahwa Insoumise La France mendorong bangkitnya antisemitisme.

Hadang sayap kanan... baca halaman selanjutnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement