Senin 01 Jul 2024 15:12 WIB

Partai Sayap Kanan Unggul di Prancis, Muslim Terancam?

Umat Islam sudah terbiasa didiskriminasi di Prancis oleh semua kelompok politik.

Reaksi pemimpin sayap kanan Prancis Marine Le Pen setelah dirilisnya proyeksi penghitungan suara Pilpres Prancis di Henin-Beaumont, Prancis utara, Ahad, 30 Juni 2024
Foto: AP Photo/Thibault Camus
Reaksi pemimpin sayap kanan Prancis Marine Le Pen setelah dirilisnya proyeksi penghitungan suara Pilpres Prancis di Henin-Beaumont, Prancis utara, Ahad, 30 Juni 2024

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Kebangkitan ideologi sayap kanan yang antiimigran, euroskeptis dan anti-Islam menamukan momentumnya di Prancis. Partai sayap kanan National Rally (RN) yang dipimpin oleh Marine Le Pen mencetak perolehan bersejarah dengan memenangkan putaran pertama pemilihan parlemen Prancis.

Namun, hasil akhirnya akan bergantung pada hari-hari pembentukan aliansi sebelum pemungutan suara putaran kedua minggu depan. Reuters melansir, RN dan sekutunya memperoleh 33 persen suara, disusul oleh blok sayap kiri dengan 28 persen suara, dan kubu tengah yang dipimpin Presiden Emmanuel Macron hanya dengan 20 persen suara, berdasarkan hasil resmi dari Kementerian Dalam Negeri pada Senin.

Baca Juga

Hal ini merupakan kemunduran besar bagi Macron yang menyerukan pemilihan cepat setelah pasangannya dikalahkan oleh RN dalam pemilihan Parlemen Eropa bulan lalu.

Namun apakah RN yang anti-imigran dan euroskeptis mampu membentuk pemerintahan akan bergantung pada putaran penentuan pekan depan dan seberapa sukses partai-partai lain berhasil menggagalkan Le Pen dengan mengumpulkan kandidat saingan terbaik di daerah pemilihan di seluruh Perancis.

Para pemimpin Front Populer Baru yang berhaluan kiri dan aliansi Macron yang berhaluan tengah menegaskan pada Ahad malam bahwa mereka akan menarik kandidat mereka sendiri di distrik-distrik di mana kandidat lain memiliki posisi yang lebih baik untuk mengalahkan RN pada putaran kedua Minggu depan.

Partai yang sudah lama menjadi paria bagi banyak orang di Perancis, kini RN semakin dekat dengan kekuasaan dibandingkan sebelumnya. Le Pen berupaya membersihkan citra partai yang terkenal dengan rasisme dan antisemitisme, sebuah taktik yang berhasil di tengah kemarahan pemilih terhadap Macron, tingginya biaya hidup, dan meningkatnya kekhawatiran mengenai imigrasi.

Pemerintahan yang dipimpin RN akan menimbulkan pertanyaan besar mengenai arah tujuan Uni Eropa, mengingat penolakannya terhadap integrasi UE lebih lanjut. Para ekonom juga mempertanyakan apakah rencana pengeluarannya didanai sepenuhnya.

Euro menyentuh level tertinggi dalam dua minggu pada perdagangan Asia pada hari Senin karena bantuan pasar karena RN tidak memberikan kinerja yang lebih baik. "Saya pikir ini sedikit 'baiklah, tidak ada kejutan', jadi ada perasaan lega di sana," kata Fiona Cincotta, analis pasar senior di City Index.

Anggota parlemen RN pada hari Senin mendesak politisi sayap kanan-tengah di partai Republik (LR), yang memperoleh kurang dari 7 persen suara pada putaran pertama, untuk mundur dari distrik di mana tindakan tersebut akan menguntungkan RN.

“Jika mereka tahu mereka tidak akan menang, saya menyerukan mereka untuk mundur dan membiarkan tim nasional menang,” kata anggota parlemen RN, Laure Lavalette, kepada radio RTL.

Untuk saat ini, Partai Republik, yang terpecah menjelang pemungutan suara dengan sejumlah kecil anggota parlemen yang bergabung dengan RN, belum memberikan indikasi mengenai pendiriannya. Semua kandidat yang lolos putaran pertama memiliki waktu hingga Selasa malam untuk memastikan apakah mereka akan maju ke putaran kedua.

Nasib Muslim Prancis... baca halaman selanjutnya

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement