Selasa 02 Jul 2024 21:25 WIB

Erick Thohir Ajak Mantan Bintang Timnas Australia Tim Cahill Kunjungi Museum Batik di Solo

Cahill bersyukur diajak mengenal budaya dan keindahan Indonesia oleh Erick.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengajak legenda tim nasional Australia Tim Cahill berkeliling. Mereka menyambangi museum batik di Solo, Jawa Tengah.

Bangunan museum tersebut sudah ada sejak 1920. Kini berumur 104 tahun, museum ini menjadi salah satu aset bersejarah milik Indonesia.

Baca Juga

"Mengajak tim Cahill untuk belajar budaya Indonesia lewat batik," tulis Erick di Instagram-nya, dikutip Republika.co.id pada Selasa (2/7/2024).

Dalam video yang diunggah di media sosial Ketum PSSI ini, keduanya terlihat memasuki sebuah ruangan penuh dengan pernak-pernik bernuansa batik. Mereka bercaka-cakap penuh keakraban. Seperti biasa ada sesi foto bersama.

Kejadian seperti ini sudah sering terlihat. Erick terbiasa membawa para sahabatnya berkeliling melihat-lihat budaya Tanah Air. Tepatnya ketika tokoh yang bersama dengannya, berkunjung ke Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

"Dulunya di sini 'Omah Lowo' atau Rumah Kelelawar yang sekarang disulap jadi museum batik dan juga Cafe. Nilai sejarah dan budaya harus kita lestarikan supaya Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia," tambah Erick, dalam tulisannya.

Cahill bersyukur dan menikmati jamuan Erick. "Sangat menghargai keramahtamahan dan menunjukkan saya kebudayaan serta keindahan Indonesia, saudaraku yang baik," demikian tulisan eks penyerang Everton ini dalam Bahasa Inggris di kolom komentar IG Erick.

Cahill sudah beberapa hari berada di Indonesia. Ia turut menyaksikan semifinal Piala AFF U-16 2024 antara para juniornya melawan Garuda Asia. Australia U-16 unggul 5-3 atas Indonesia U-16 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam WIB.

Dua tokoh tersebut sering terlihat bersama. Termasuk saat mereka menghadiri undian pembagian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Kuala Lumpur, Malaysia, pekan lalu. Hasil undiannya, agi-lagi Australia dan Indonesia bakal bertempur di lapangan.

The Socceroos juga Garuda tergabung di Grup C bersama tim-tim berkelas lainnya. Ada Jepang, Bahrain, Arab Saudi, serta China dalam kelompok tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement