Selasa 02 Jul 2024 12:11 WIB

Koalisi Besar Diklaim Sepakat Usung Gusti Bhre  Maju Pilwakot Solo

Enam partai non-PDIP di Solo sepakat mengung penguasa Mangkunegaran tersebut.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
KGPAA Mangkunegara X alias GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ketika ditemui di Puro Mangkunegaran, Kota Solo, Jumat (14/7/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
KGPAA Mangkunegara X alias GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ketika ditemui di Puro Mangkunegaran, Kota Solo, Jumat (14/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua DPC Partai Gerindra Kota Solo, Ardianto Kuswinarno mengeklaim koalisi besar yang terdiri dari enam partai sepakat mengusung KGPAA Mangkunegara X alias GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo pada Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2024. Mereka semua akan bersatu melawan PDIP yang menjad juara Pileg 2024.

"(Partai yang sepakat) non-PDIP, semua yang ada di parlemen Solo kita sudah sepakat mengusung Gusti Bhre untuk maju sebagai wali ota," kata Ardianto di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (18/6/2024). 

Baca Juga

Kendati demikian, Ardianto menegaskan, kesepakatan tersebut baru bersifat secara lisan. Namun, ia menegaskan, kalau semua partai di koalisi besar mulai dari Gerindra, PAN, PKB, PSI, Golkar dan PKS telah senada mengusung penguasa Mangkunegaran tersebut. 

"Kesepakatan semacam pertemuan pertama lisan, nanti kalau sudah final mengatasnamakan koalisinya, koalisinya atas nama apa, baru kita bahas. Intinya dari semua temen partai sudah satu frekuensi sudah satu pemahaman untuk mengusung Gusti Bhre, dan kabarnya nanti masih menunggu," kata Ardianto.

Dia juga menyebut, Gusti Bhre telah siap maju Pilkada Solo, meskipun belum diumumkan secara gamblang kepada awak media. Hal tersebut terbukti dari Gusti Bhre yang sering blusukan bertemu dengan masyarakat. 

"Gusti Bhre sudah siap menjadi calon wali kota yang nanti akan kita usung. Sudah 75 persen beliau siap maju pilkada sebagai Wali Kota Solo. Kalau ditanya media memang harus hati-hati untuk bicara, apalagi beliau raja," ujar Ardianto.

"Tapi kalau sama kami beliau sudah terbuka dan siap, makanya beliau sudah sering turun ke bawah, itu tujuannya agar nantinya ke depan ketika turun ke bawah lagi sudah semakin enak," katanya menambahkan. 

Sekretaris DPD tingkat II Golkar Solo, Taufiqurrahman mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari DPP terkait Pilkada Solo. Pasalnya hingga kini yang telah menerima rekomendasi di Pilkada Solo adalah Sekar Tandjung. Namun, ia mengaku, tak menutup pintu untuk mengusung Gusti bhre.

"Intinya kami dari Partai Golkar kan mengusung Mbak Sekar di AD 1. Walaupun tidak menutup kemungkinan kami welcome terhadap Gusti Bhre, tapi kesepakatan secara resmi belum. Tapi pokoknya ada wacana untuk kita 6 partai itu satu koalisi besar. Itu aja, wacananya ada tapi secara resmi belum," kata Taufiqurrahman.

Adapun Gusti Bhre dikenal dekat dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran akan melepaskan jabatan wali kota Solo pada 20 Oktober 2024, lantaran dilantik menjadi wakil presiden periode 2024-2029.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement