Senin 24 Jun 2024 10:31 WIB

Di Momen Ulang Tahun, Pj Heru Ingin Jakarta Jadi Kota yang Terus Dicintai

Jakarta menjadi kota ekonomi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Erdy Nasrul
Presiden RI Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan).
Foto: Antara/HO-Biro Pers
Presiden RI Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri Malam Jaya Raya sebagai acara puncak HUT ke-497 Kota Jakarta. Kegiatan yang mengusung konsep pasar malam ini diadakan di Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/6/2024) malam.

Heru mengatakan, acara puncak HUT ke-497 Kota Jakarta ini menjadi pengingat bahwa seiring bertambahnya usia, Jakarta diharapkan menjadi kota yang berkembang ke arah yang lebih baik. Ia pun berharap Jakarta akan terus menjadi kota yang aman, nyaman, dan makin maju. 

Baca Juga

"Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi warga di Jakarta. Semoga di usia yang ke-497 ini, Jakarta tetap menjadi kota yang dibanggakan dan dicintai warganya, dan selalu ada di hati kita bersama," kata Heru, Sabtu malam.

Heru juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dan menjalin hubungan baik demi menghadapi berbagai tantangan pembangunan Kota Jakarta di masa yang akan datang. Pasalnya, Jakarta akan terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur, kualitas hidup warga, serta membenahi paradigma kelembagaan. 

"Dengan semangat mewujudkan 'Sukses Jakarta untuk Indonesia' diharapkan Jakarta dapat berdiri sejajar dan bersaing dengan kota-kota lain di dunia,"ujar dia.

Ia menambahkan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta, status ibu kota akan ditinggalkan dan siap bertransformasi menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta sebagai destinasi global yang memukau bagi investor, pelaku ekonomi, dan warga dunia. 

Selama ini, pihaknya sudah berupaya melakukan pembangunan fasilitas kota, peningkatan layanan publik, serta inovasi di berbagai sektor. Keberhasilan itu menjadi motivasi bagi kami untuk terus menggaungkan kota ini sebagai destinasi event internasional, seperti _Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions_ (MICE), konser musik, kegiatan olahraga, hingga festival seni dan budaya.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya menjaga stabilitas ekonomi, meningkatkan kualitas hidup, dan memastikan ketersediaan layanan publik yang optimal bagi seluruh masyarakat melalui berbagai cara. Seperti pengendalian inflasi, penanganan stunting, penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), peningkatan layanan publik, penanggulangan kemiskinan ekstrem, serta peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan.

Sebagai upaya menjaga tingkat inflasi tahunan pada kisaran 2,11 persen, dilakukan operasi pasar murah, bantuan sosial, dan urban farming, serta kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk mendukung stabilitas harga pangan dan pasokan. Selain itu, percepatan penurunan angka stunting dilakukan melalui program pemberian makanan tambahan, Jakarta Beraksi, pengembangan dashboard stunting, dan program orang tua asuh. 

Pengembangan tata kelola dan kinerja bisnis dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas dalam penguatan BUMD. Adapun peningkatan layanan publik dilakukan dengan mengimplementasikan SOP di berbagai layanan untuk memastikan kecepatan, transparansi, dan pemerataan.

Selanjutnya, dalam menerapkan distribusi bantuan sosial, pemberian subsidi, pelatihan keterampilan kerja dan pengembangan kewirausahaan terpadu dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta juga disebut melakukan pemadanan dan pemutakhiran data bantuan sosial untuk memastikan pendistribusian yang tepat sasaran, serta mengupayakan pembangunan rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang layak dan berkualitas bagi warga. 

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita dalam mewujudkan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global yang terus melaju dan menjadi unsur terdepan pertumbuhan Indonesia," kata Heru.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement