Sabtu 22 Jun 2024 07:43 WIB

Mengapa Armenia Berani Menantang Israel dengan Mengakui Palestina?

Aksi Armenia mengakui Palestina dilihat juga sebagai aksi balas dendam kepada Israel

Aksi pro-Palestina di ibu kota Armenia, Yerevan pada Desember 2023.
Foto:

Selain persoalan dengan Azerbaijan ini, antagonisme Armenia dengan Israel juga terkait dengan ancaman yang dihadapi diaspora Armenia di Yerusalem. 

Tahun lalu, merujuk the Guardian, sebidang tanah di Yerusalem yang dikenal sebagai Taman Sapi, telah disewakan Israel selama 98 tahun kepada pengembang Xana Capital Ltd, untuk pembangunan sebuah hotel mewah. Xana mengatakan kesepakatan itu mencakup ruang makan seminari Armenia, taman pribadi dan tempat parkir Bapa Bangsa, bangunan kepala gereja Armenia, dan rumah lima keluarga Armenia. 

Warga Armenia mengatakan kesepakatan itu ilegal dan akan menghancurkan diaspora Kristen tertua di Yerusalem, menghancurkan hati spiritualnya, dan memecah belah komunitas kecil, yang saat ini berjumlah sekitar 2.000 orang.

Sementara sejak Benjamin Netanyahu naik tampuk dan gerakan sayap kanan Israel mendapat angin, umat Kristiani di Yerusalem turut jadi korban. Sejak awal tahun 2023, tercatat banyak kasus vandalisme di Kota Tua Yerusalem. Pada hari pertama tahun itu, misalnya, sekitar 30 kuburan di Pemakaman Protestan Gunung Zion dirobohkan dan dirusak serta belum diperbaiki. Daftar insiden anti-Kristen, yang disusun oleh Tami Lavie Nissim di Jerusalem Intercultural Center, mencakup 20 kejahatan rasial terhadap umat Kristen sejak awal tahun, mulai dari grafiti bertuliskan hinaan pada umat Kristiani, perusakan gereja, hingga pelecehan terhadap ritual ibadah Kristen. 

photo
Patung Yesus Kristus dirusak ekstremis Yahudi di Gereja Pencambukan di Kota Tua Yerusalem, Kamis (2/2/2023). - (AP Photo/Mahmoud Illean)

Belum lagi, merujuk Jewish Telegraphic Agency, ada sekitar seribu Yahudi yang melarikan diri dari perang Rusia-Ukraina kini membanjiri Yerevan. Kehadiran mereka memicu keresahan di ibu kota tersebut. Tiga hari sebelum 7 Oktober, untuk pertama kalinya sinagog di sana jadi target serangan. 

Kombinasi berbagai sirkumstansi tersebut agaknya punya meningkatkan ketegangan Armenia dan Israel belakangan.

Tanggapan Palestina... baca halaman selanjutnya

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement