Jumat 21 Jun 2024 13:27 WIB

Satgas PPKS Dorong Mahasiswi Korban Pencabulan Dosen Unram Lapor Polisi

Dosen AW terbukti melakukan pencabulan kepada tiga mahasiswi Unram.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKN) Unram, Joko Jumadi.
Foto: Antara/Dhimas BP
Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKN) Unram, Joko Jumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Mataram (Satgas PPKS Unram), mendorong mahasiswi yang menjadi korban pencabulan dosen berinisial AW agar melapor ke pihak kepolisian. Hal itu demi menimbulkan efek jera.

"Jadi, adanya kasus ini, kami masih meminta korban (mahasiswi) agar mau melaporkan ke polisi. Ini yang lagi kami dorong," Ketua Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) Unram Joko Jumadi saat ditemui di kampus Unram, Kota Mataram, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga

Joko menyampaikan hal itu setelah adanya keputusan Unram yang memberikan sanksi tegas kepada AW berupa pemberhentian sebagai tenaga pendidik. Sanksi tersebut merujuk pada hasil investigasi Satgas PPKS Unram yang menemukan bukti perbuatan cabul dosen tersebut terhadap tiga orang mahasiswi.

Sanksi pemecatan itu masuk kategori berat dengan merujuk pada ketentuan Pasal 14 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. "Jadi, sanksi yang kami terapkan ini masih secara administratif karena yang bersangkutan berstatus tenaga pendidik di Unram," ujarnya.

Meskipun demikian, Joko yang juga dosen Fakultas Hukum Unram melihat bukti perbuatan pidana dalam kasus ini sudah cukup kuat sehingga berpeluang untuk berproses secara hukum. "Kami dari Satgas maunya proses ini tidak hanya administrasi akademik, ada juga proses hukum. Tetapi, itu semuanya kembali kepada korban yang memegang keputusan, kuncinya di situ," ucap Joko.

Baca: Prabowo Raih Bintang Bhayangkara Utama Atas Jasanya kepada Negara

Satgas PPKS Unram menangani kasus itu berdasarkan laporan mahasiswi yang menjadi korban dengan jumlah tiga orang. Laporan itu diterima pada 30 Mei 2024. Dari laporan itu, Satgas PPKS Unram melakukan investigasi dengan melakukan serangkaian pemeriksaan dan pemulihan psikologis korban.

Hasil investigasi mengungkap, korban yang mendapat perlakuan tidak senonoh dari oknum dosen tersebut tercatat ada yang terjadi pada 2010. Oknum dosen itu melakukan perbuatannya dengan memanfaatkan pertemuan dengan mahasiswi dalam proses bimbingan skripsi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement