Rabu 19 Jun 2024 17:06 WIB

Benarkah Ada Upaya Khusus Menggagalkan Anies Maju di Pilgub DKI?

PKS dinilai masih dilema dalam mendukung Anies.

Rep: Bayu Adjie/Antara/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Anies Baswedan masih santer terdengar dalam perseteruan di Pilgub Jakarta. Anies bahkan disebut-sebut sebagai calon kuat di Pilkada DKI Jakarta. Sejumlah partai telah melirik seperti PKB, PKS, dan PDIP. Namun hingga kini belum ada partai yang secara pasti memberikan restu terhadap Anies.

Seorang politikus di jajaran Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun mengakui bahwa Anies merupakan sosok kuat. Suara Anies cukup kuat di berbagai survei 

Baca Juga

Beredar isu, satu-satunya cara untuk menggagalkan Anies hanyalah dengan tidak membiarkannya melenggang bersaing di Pilgub DKI.

PKS pun disebut-sebut ditawari duduk di cawagub DKI, bila tidak mendukung Anies. Cawagub PKS akan digandengkan dengan mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

Namun Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra Habiburokhman menepis Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyodorkan tawaran posisi calon wakil gubernur (cawagub) kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pilkada Jakarta 2024.

“Jadi kalau teman-teman PKS menginformasikan adanya tawaran menjadi cawagubnya Pak Ridwan Kamil mungkin itu dari orang per orang petinggi partai politik anggota Koalisi Indonesia maju. Jadi belum menjadi tawaran yang resmi,” kata Habiburokhman dalam pesan video yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sebab, kata dia, KIM hingga saat ini belum membuat keputusan resmi terkait figur pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jakarta. Meski demikian, dia menghargai dinamika proses politik yang berjalan menghadapi Pilkada 2024. Dia pun berharap tidak ada lagi kubu-kubu partai politik seperti saat pemilihan presiden.

“Berharap tidak ada lagi kubu-kubuan di Pilkada kali ini, di DKI khususnya, partai-partai yang kemarin mungkin berbeda koalisi dengan kami bisa jadi saat ini bersatu dengan kami,” tuturnya.

Untuk itu, dia menyebut bahwa partainya akan terus berupaya melakukan penjajakan politik dengan partai-partai politik lainnya guna menentukan figur yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

“Jadi demi kebaikan, demi masyarakat Jakarta, kami terus mencoba melakukan penyamaan frekuensi dengan seluruh partai politik yang ada. Hasilnya jika nanti sudah disepakati tentu kami akan update kepada rekan-rekan siapa cagub siapa cawagub yang akan diajukan oleh Partai Gerindra dan juga rekan-rekan Koalisi Indonesia Maju,” kata dia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengonfirmasi partainya telah menerima tawaran mengisi posisi cawagub dalam Pilkada Jakarta. "Ada (tawaran, red), makanya itu sedang kami coba analisis, kami kaji, yang mana kira-kira nanti yang paling maslahat," katanya di Kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6).

Respons Anies...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement