Kamis 27 Jun 2024 06:42 WIB

Anies yang Memilih tak Jadi Kader PKS

PKS mendukung Anies-Sohibul Iman menjadi pasangan cagub dan cawagub DKI.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada DKI.
Foto: tangkapan layar DPP PKS
Pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada DKI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang menarik dari dukungan PKS terhadap Anies Baswedan-Sohibul Iman dalam Pilgub DKI. PKS diketahui sempat menawarkan terhadap Anies, apakah mau diusung atau didukung. Jika diusung maka Anies harus masuk dan menjadi kader PKS.

"Itu pilihan pertama kalau Pak Anies mau diusung PKS, Pak Anies harus masuk PKS," ujar politikus PKS M Taufik Zoelkifli atau akrab disapa MTZ itu, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga

Menurut Taufik, ketika Anies menjadi kader partai, pengusungannya otomatis akan menjadi representasi PKS. Setelah itu, Anies dapat menentukan cawagub yang akan mendampinginya.

Pilihan kedua yang diberikan partainya kepada Anies adalah harus menerima cawagub dari PKS apabila hendak didukung dalam Pilgub DKI Jakarta. Dengan begitu, tetap ada perwakilan dari kader PKS yang maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

"Nah kayanya ini Pak Anies memilih pilihan kedua, dan kemudian ya sudah. Karena DPP sudah menawarkan itu kemudian Pak Anies memilih yang kedua, maka diduetkan (dengan Sohibul). Begitulah yang saya dengar," kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi DKI Jakarta itu.

Taufik mengakui, masih ada kemungkinan duet itu akan berubah. Apalagi, PKS juga harus membangun koalisi dengan partai lainnya, lantaran tak cukup kursi di DPRD untuk mengusung pasangan seorang diri di Pilgub DKI Jakarta. Namun, menurut dia, duet Anies-Sohibul sudah cukup baik untuk semua pihak.

"Yah mudah-mudahan sih tidak mendahului takdir Allah, tapi kita optimis bisa memenangkan pilkada di Jakarta," ujar dia.

Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada PKS karena mencalonkan ia kembali sebagai calon gubernur DKI pada pilgub 2024 ini. Ia mengaku senang dengan putusan PKS tersebut.

"Terima kasih atas sikap @PKSejahtera yang disampaikan oleh Presiden PKS, Bpk. Ahmad Syaikhu. Kami menyambut dengan amat gembira komitmen PKS untuk kembali berjuang bersama-sama," ujar Anies lewat kicauannya.

Sekembalinya di tanah air, kata Anies, ia akan berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh serta tindak lanjut ke depan. Demikian juga pembicaraan dengan partai lain.

Menurut Anies, setelah PKB dan PKS, insyaallah akan ada partai-partai lain yang bakal bergabung untuk mengembalikan Jakarta menjadi maju kotanya dan bahagia warganya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement