Kamis 27 Jun 2024 05:59 WIB

Kapolri Ganti Kapolda Sekaligus Wakapolda Banten, Ada Apa?

Brigjen M Sabilul Alif dari Wakapolda Banten digeser menjadi Wakapolda Kaltim.

Rep: Antara/Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Irjen Abdul Karim digeser dari Kapolda Banten menjadi Kadiv Propam Polri.
Foto: Dok Humas Polri
Irjen Abdul Karim digeser dari Kapolda Banten menjadi Kadiv Propam Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menerbitkan empat surat telegram tertanggal 26 Juni 2024 terkait mutasi terhadap total 745 personel. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap 29 perwira tinggi (pati) dan 443 perwira menengah (pamen).

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, mutasi di lingkup Polri dalam rangka promosi, pensiun, penugasan khusus dan lainnya. "Ada dua pejabat utama Polri yang mendapat promosi dan dua kapolda," kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga

Kabaintelkam Polri Komjen Suntana yang pensiun pada 2 Juni 2024, digantikan oleh Irjen Syahardiantono. Dia mendapat promosi satu bintang di posisi barunya. Posisi Kadiv Propam Polri yang ditinggalkan Syahardiantono akan ditempati Irjen Abdul Karim. Adapun Karim sebelumnya merupakan Kapolda Banten.

Jabatan Kapolda Banten akan ditempati Brigjen Suyudi Ario Seto, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Metro Jaya. Suyudi akan mendapat promosi bintang dua di posisi barunya. Brigjen Djati Wiyoto Abadhy akan menduduki posisi Wakapolda Metro Jaya, yang sebelumnya mengemban Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun Brigjen M Sabilul Alif dari Wakapolda Banten digeser menjadi Wakapolda Kaltim. Sabilul merupakan mantan ajudan Wapres KH Ma'ruf Amin. Kombes Hengki mendapat promosi dari Dirresnarkoba Polda Metro Jaya menjadi Wakapolda Banten, dan pangkatnya akan menjadi bintang satu.

Mutasi para pati dan pamen Polri itu tertuang dalam surat telegram Kapolri yang ditandatangani oleh As SDM Polri, yakni ST/1236/VI/KEP./2024 sebanyak 174 personel, ST/1237/VI/KEP./2024 sebanyak 376 personel, ST/1238/VI/KEP./2024 sebanyak 174 personel dan ST/1239/VI/KEP./2024 sebanyak 21 personel.

Dedi menjelaskan, para personel yang dimutasi karena promosi terdiri atas irjen sebanyak dua personel, brigjen sebanyak 27 personel, kombes sebanyak 346 personel, AKBP mantap sebanyak 97 personel, kapolres IIB sebanyak empat personel, dan kapolres IIIA2 sebanyak 146 personel.

Dalam mutasi promosi tersebut, terdapat 18 polwan, yakni brigjen sebanyak satu personel, kombes sebanyak 11 personel, AKBP mantap empat personel, dan kapolres dua personel. Selain itu, juga ada

"Juga ada mutasi karena pensiun sebanyak 68 personel, penugasan khusus 24 personel, dan kembali dari penugasan khusus dua personel, demosi enam personel dan pendidikan satu personel," kata Dedi.

Mutasi Kadiv Propam...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement