Rabu 19 Jun 2024 04:31 WIB

Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Bekuk Georgia di Grup F Euro 2024

Turki memuncaki Grup F di atas Potugal yang menang 2-1 atas Republik Ceko.

Pemain Turki Arda Guler merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan Grup F Euro 2024 melawan Georgia di Signal Iduna Parl, Dortmund, Jerman, Rabu (19/6/2024).
Foto: AP Photo/Andreea Alexandru
Pemain Turki Arda Guler merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan Grup F Euro 2024 melawan Georgia di Signal Iduna Parl, Dortmund, Jerman, Rabu (19/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arda Guler mencetak gol spektakuler saat membantu timnas Turki menang 3-1 atas Georgia dalam laga pembukaan Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa (19/6/2024) dini hari WIB. Hasil ini menempatkan Turki memuncaki Grup F, unggul selisih gol dari Portugal yang mengatasi Republik Ceko 2-1 pada laga setelahnya.

Turki sempat membuka keunggulan berkat gol Mert Muldur sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan pada babak pertama. Turki kemudian berhasil mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui aksi Arda Guler dan Kerem Akturkoglu.

Baca Juga

Jalannya pertandingan

 

Kedua tim menampilkan permainan menyerang sejak kick-off. Turki berhasil unggul lebih dulu lewat Mert Muldur pada menit ke-25. Muldur melepaskan tembakan voli setelah memanfaatkan rebound hasil sundulan Lasha Dvali yang coba membuang bola.

Tendangan Muldur meluncur ke pojok kiri gawang Georgia tanpa bisa dijangkau oleh kiper Giorgi Mamardashvili. Turki unggul 1-0.

Semenit kemudian, Baris Yilmaz tampaknya menggandakan keunggulan Turki. Namun, gol ini dianulir karena Yilmaz dinyatakan offside lewat pantauan VAR.

Georgia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-32 lewat gol Georges Mikautadze.

Gol tersebut bermula dari pergerakan Giorgi Kochorashvili di sisi kiri pertahanan Turki. Dia kemudian mengirim umpan mendatar yang diselesaikan dengan tembakan Mikautadze ke arah tiang dekat. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Kedua tim tetap memainkan sepak bola menyerang pada babak kedua. Pada menit ke-57, Hakan Calhanoglu memberikan ancaman lewat tendangan bebas. Tendangan gelandang Inter Milan itu mengarah ke gawang, tetapi bisa ditepis dengan satu tangan oleh Mamardashvili.

Turki akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-65 lewat pemain muda sensasional mereka, Arda Guler. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kirinya.

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Kedudukan menjadi 2-1.

Gol tersebut juga menjadikan pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004.

Georgia hampir mencetak gol balasan pada menit ke-70. Aksi umpan 1-2 dituntaskan dengan tendangan Kochorashvili ke gawang, tetapi bola membentur mistar.

Aksi saling serang terus berlanjut di antara kedua tim. Baik Turki maupun Georgia juga melakukan sejumlah pergantian pemain sebagai upaya menambah tenaga atau mengubah alur permainan.

Pada menit ke-87, Turki nyaris mencetak gol ketiga lewat kerja sama para pemain pengganti. Umpan silang yang dilepaskan oleh Zeki Celik bisa disundul Yusuf Yazici. Sayangnya masih bisa ditepis oleh Mamardashvili.

Dalam sejumlah kesempatan pada injury time tersebut, kiper Georgia Mamardashvili ikut maju meninggalkan gawang yang berujung pada gol ketiga Turki.

Mert Gunok bisa meninju bola sepak pojok sehingga Turki punya kesempatan melakukan serangan balik. Kerem Akturkoglu yang mendapat bola langsung berlari kencang ke lini pertahanan Georgia.

Akturkoglu yang baru masuk pertandingan pada menit ke-85 tidak bisa dikejar oleh pemain-pemain Georgia. Dia kemudian dengan mudah memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 Turki atas Georgia.

Daftar Susunan Pemain

Turki (4-2-3-1)

Mert Gunok; Mert Muldur (Zeki Celik 85), Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan (Merih Demiral 79), Hakan Calhanoglu; Arda Guler (Yusuf Yazici 79), Orkun Kokcu, Kenan Yildiz (Kerem Akturkoglu 85); Baris Yilmaz

Georgia (3-5-2)

Giorgi Mamardashvili; Saba Kverkvelia (Budu Zivzivadze 85), Guram Kashia, Lasha Dvali; Otar Kakabadze, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili (Sandro Altunashvili 89), Giorgi Chakvetadze (Zuriko Davitashvili 74), Georgiy Tsitaishvili (Luka Lochoshvili 74); Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskhelia.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement