Rabu 12 Jun 2024 05:40 WIB

Prabowo Tegaskan Indonesia Siap Tampung Anak-Anak Palestina

Indonesia bersedia mengevakuasi 1.000 pasien Gaza untuk dirawat di rumah sakit RI.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)
Foto:

MPrabowo Subianto menegaskan dukungan Indonesia atas kemerdekaan Palestina dalam KTT untuk Gaza di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024). Ia juga menyerukan adanya solusi antara dua negara yang tengah berkonflik.

"Pemeritah Indonesia dan rakyat Indonesia, sekali lagi menegaskan dukungan paling kuat bagi kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai solusi nyata atas konflik di Palestina dan di Gaza," kata Prabowo dalam pidatonya di KTT untuk Gaza.

Baca: Pasukan Perdamaian TNI akan ke Gaza Jika Dapat Mandat PBB

Dalam pidatonya, Prabowo juga menyoroti negara-negara yang menganggap diri mereka sebagai bangsa yang modern dan beradab. Namun, negara itu dapat melakukan tindak kejahatan serta pelanggaran hukum humaniter internasional.

Apalagi, lanjut Prabowo, yang menjadi korban adalah warga sipil dan infrastruktur sipil. Menurut dia, hal itu merupakan bentuk pelanggaran tidak langsung terhadap hukum perang modern.

"Kami menyerukan kepada semua negara besar untuk menggunakan pengaruh mereka yang besar untuk menegakkan konvensi hukum internasional," kata Prabowo.

Sebagai bagian dari masyarakat internasional, menurut Prabowo, Indonesia turut mendukung sejumlah langkah strategis menuju terciptanya perdamaian. Salah satunya dengan mengajukan proposal gencatan senjata.

Indonesia disebut siap berkontribusi pada semua upaya yang menuju kepada gencatan senjata di Gaza dan mengambil peran usai gencatan senjata terlaksana. "Indonesia siap berkontribusi pada semua upaya yang dapat mengarah pada gencatan senjata segera dan mengambil bagian dalam semua tahapan setelah gencatan senjata segera tersebut."

Kendati demikian, Prabowo menilai, solusi dua negara (two state solution) merupakan hal yang harus dicapai untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di antara Palestina-Israel. Menurut dia, hanya dengan upaya itu warga Palestina dan Israel dapat hidup berdampingan.

"Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara. Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram, masalah ini dapat diselesaikan," kata Prabowo.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement