Ahad 09 Jun 2024 16:16 WIB

Komisi I DPR Harap Prabowo Terus Suarakan Palestina di Forum Internasional

Tantangan diplomatik Prabowo adalah mengkomunikasikan posisi RI secara efektif.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.
Foto: Dok DPR
Anggota Komisi I DPR, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono berharap, Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menyuarakan isu Palestina di forum internasional. "Prabowo diharapkan dapat membawa suara Indonesia dengan tegas dan berpengaruh dalam forum internasional tentang Palestina," katanya dihubungi di Jakarta, Ahad (9/6/2024).

Menurut dia, saat ini, yang menjadi tantangan diplomatik Prabowo adalah mengkomunikasikan posisi Indonesia secara efektif, dan mencari dukungan internasional untuk solusi damai di Gaza. Hal itu disampaikan Dave, saat dimintai tanggapan terkait adanya sejumlah instruksi dari Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto, terkait persoalan di Gaza, Palestina.

Baca: Prabowo Jamu Mantan PM Turkiye Bahas Kerja Sama Pertahanan

Salah satu instruksi itu, yakni meminta Prabowo untuk mengambil bagian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jordania untuk masalah Gaza. "Itu mencerminkan langkah strategis dalam diplomasi Indonesia, memperkuat posisi negara dalam isu-isu internasional, serta menunjukkan sinergi dalam pemerintahan di tengah tantangan politik dan diplomasi global," jelas Dave.

 

Politikus Partai Golkar tersebut menegaskan, Komisi I DPR mendukung segala upaya dari pemerintah, dalam mendukung penyelamatan warga Gaza yang saat ini sedang mengalami konflik. Upaya apa pun dilakukan, merupakan bagian dari sikap Indonesia yang mendukung rakyat Palestina.

Baca: Pasukan Perdamaian TNI akan ke Gaza Jika Dapat Mandat PBB

"Yang jelas apa yang kita lakukan untuk rakyat Gaza, merupakan bagian dari negara kita untuk menegakkan konstitusi," ujar Dave.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement