Rabu 12 Jun 2024 05:40 WIB

Prabowo Tegaskan Indonesia Siap Tampung Anak-Anak Palestina

Indonesia bersedia mengevakuasi 1.000 pasien Gaza untuk dirawat di rumah sakit RI.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)
Foto: Dok Kemenhan
Menhan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan, Indonesia siap mengupayakan bantuan untuk rakyat Palestina yang tengah menghadapi bencana kemanusiaan di Gaza. Salah satu upaya yang akan akan dilakukan adalah dengan meningkatkan kontribusi kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

"Kami akan meningkatkan kontribusi kami secara signifikan kepada UNRWA dan bantuan kemanusiaan lainnya," kata Prabowo dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 'Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza' di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024).

Baca: Tiba di Amman, Menhan Prabowo Langsung Bertemu Raja Abdullah II

Selain itu, Indonesia disebut akan mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit lapangan ke Gaza. Tak hanya itu, Indonesia juga siap mengirimkan kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop) ke Gaza jika diperlukan lagi.

 

Prabowo menambahkan, Indonesia juga bersedia mengevakuasi 1.000 pasien untuk dirawat di rumah sakit Indonesia. Pasien itu akan akan dikembalikan setelah pulih dan situasi di Gaza kembali normal.

Baca: Bersama Sekjen PBB, Prabowo Hadiri Konferensi Bahas Gaza di Amman

Terakhir, Indonesia juga siap menyediakan perawatan pascatrauma dan pendidikan bagi anak-anak Gaza. Para anak-anak itu dinilai dapat dikembalikan saat situasi kembali stabil.

"Kami juga bersedia mengevakuasi anak-anak dan anak yatim piatu untuk diberikan perawatan pascatrauma dan sekolah, dan untuk kembali ke Gaza ketika situasi menjadi normal," kata Prabowo.

Tegaskan dukung Palestina...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement